Palsukan Tandatangan, Cairkan Dana Desa Rp658 Juta

- Periklanan -

Ilustrasi(@radarbanten.com) desa

 

SIGI – Kepala Desa (Kades) Bobo Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi,  Kartika S.Sos terpaksa berurusan dengan kepolisian. Hal itu setelah Camat Dolo Barat Aksan SP, melaporkan Kades Bobo yang diduga memalsukan tandatangannya.

Kepada Radar Sulteng, kemarin (30/6) Aksan mengatakan, sebelumnya Kades Bobo sudah berapa kali mendatanginya untuk bertanda tangan verifikasi, terkait pencairan Dana Desa (DD). Namun permintaan Kades itu ditolak Aksan karena ada beberapa prosedur yang tidak dipenuhi oleh Kades.

Menurut Aksan, tidak berhenti di situ, Kades Bobo terus mencoba mendatangi camat dengan memerintahkan beberapa orang untuk bertemu dengannya (Camat, red). Mungkin karena tidak berhasil dan ingin segera mencairkan Dana Desa, Kades Kartika mengambil langkah keliru dengan meniru tanda tangan dengan cara menscannya.

- Periklanan -

“Saya sudah perintahkan PMD untuk mencek kebenarannya. Ternyata benar dan dia (Kades, red) mengaku kepada PMD bahwa tanda tangan itu ia sendirilah yang mencoretnya atau menirunya,” jelas Aksan mengutip penjelasan kepala PMD.

Merasa apa yang dilakukan Kades Bobo menyalahi aturan, Aksan pun melaporkan dugaan pemalsuan tanda tangan itu ke Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta S.Sos. MSi, sekaligus meminta petunjuk dari Bupati. Bupati pun memerintahkan Camat Dolo Barat untuk melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian, karena hal ini sudah masuk dalam tindak penipuan atau pemalsuan.

Atas arahan dari bupati, Camat Aksan langsung menyurat secara tertulis kepada Kapolres Sigi AKBP Agung Kurniawan, terkait hal tersebut. Camat pun sudah beberapa kali dipanggil untuk dimintai keterangan untuk bahan pemeriksaan pihak penyidik kepolisian.

“Ini sudah melanggar peraturan pemerintah, maka dari itu berdasarkan perintah Bupati, saya pun melaporkan kejadian ini. Karena ditakutkan ke depan apabila terjadi permasalahan bukan hanya Kades, tetapi camat mungkin juga akan ikut dibawa-bawa. Maka dari itu saya mengambil langkah ini (melapor polisi,red),” katanya.

Aksan menguraikan, untuk jumlah uang yang sudah berhasil dicairkan Kades Bobo, dengan tanda tangan paslu Camat sekira Rp 658 juta lebih. (ndr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.