PAD Kota Palu Turun, Wartabone Sindir Wawali

- Periklanan -

J. Wartabone. (Foto: Zainudin Jacub)

PALU – Tidak adanya tren kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu menjadi sorotan dari Anggota DPRD Palu MJ Wartabone.

Apalagi berdasarkan laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali (LKPj) Kota akhir tahun 2016,  realisasi APBD Kota Palu pada tahun 2016, PAD Kota Palu justru  mengalami penurunan.

Bahkan realisasi APBD Kota Palu 2016 lebih kecil  dibandingkan pencapaian PAD pada  tahun 2015. Data dari Pemkot Penurunan PAD 2016  hingga 36,79 persen dari tahun sebeumnya.

Untuk 2016 Pemkot telah menargetkan penerimaan PAD sebesar Rp Rp 1.444.152.214.772,63. Dari target tersebut  jumlah itu, yang tercapai sebesar Rp 1.392.143.740.198,16.

Menurut Wartabone persoalan PAD  ini harus menjadi evaluasi dari DPRD Palu. “Masih banyak yang harus kita evaluasi untuk ke depan terkait tidak  adanya tren kenaikan PAD Kota Palu ,” kata  Wartabone.

- Periklanan -

Wartabone menyatakan terkait pencapaian PAD yang tidak maksimal ini seharusnya Wakil Wali  Kota (Wawali) yang memiliki tugas melakukan perencanaan dan pengawasan, berdiskusi dengan komisi B DPRD Palu  guna membahas  tentang bagaimana  cara meningkatkan PAD Kota Palu .

Menurut Wartabone lagi  ia belum melihat Wakil Wali Kota pernah mengajak  bicara Komisi B yang membidangi ekonomi dan keuangan untuk mencari formula guna menaikan PAD Kota Palu.

“Tapi yang diperlihatkan justru adalah  sesuatu yang cerdas yaitu melapor ke Badan Kehormatan (BK) DPRD  melapor ke Polda,” sindir Wartabone.

Kalau kondisinya  seperti itu kata Wartabone  ini mau dibawa  kemana  Pemerintah Kota Palu ini.

Oleh karena Politisi Partai Golkar ini berharap ada langkah-langkah konkret dari Pemkot untuk menggenjot penerimaan PAD Kota. “Termasuk mengajak anggota dewan berdialog untuk mencari cara menaikan PAD Kota Palu,” paparnya.

Sejak beberapa bulan lalu Wartabone memang sudah mempermasalahkan soal pencapaian yang tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya. Ia juga pernah mempertanyakan soal tidak pernahnya Wakil Wali Kota melakukan diskusi dengan komisi yang menangani terkait persoalan PAD.”Padahal mencari cara untuk menaikan PAD menjadi salah satu tugas beliau,” ujar Wartabone.(zai)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.