Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Nikmati Keindahan Sunset di Pantai Boneoge

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

SUNSET : Seperti inilah keindahan matahari terbenam di pantai Boneoge. (Foto: Muhammad)

Keindahan Wisata di Donggala tak ada habisnya. Bisa dibilang Kabupaten tertua di Sulteng ini yang paling banyak memiliki destinasi wisata, khususnya panorama pantai berpasir putih nan indah. Sebagian besar wilayah Kabupaten Donggala memang dikelilingi oleh laut.

LAPORAN : Ujang Suganda


HAL itulah yang membuat banyaknya destinasi wisata di kota tua tersebut. Nama Boneoge mungkin sudah tak asing lagi di dengar. Salah satu objek wisata unggulan yang terletak tidak jauh dari wisata tanjung karang.

Meski keindahan tanjung karang sudah terdengar hingga di mancan Negara, namun destinasi wisata satu ini tak kalah indah dengan tanjung karang. Masing-masing destinasi wisata memiliki keunggulan tersendiri.

Jika di Tanjung Karang terkenal dengan spot divingnya, maka berbeda engan di boneoge. Di kawasan itu para wisatawan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam atau bahasa lainnya Sunset. Tak sedikit masyarakat lokal maupun mancan Negara yang berkunjung di boneoge untuk melihat matahri terbenam secara sempurna.

Pantai Boneoge sebenarnya adalah sambungan garis pantai Tanjung Karang, hanya bedanya pantai ini lumayan panjang dibandingkan Tanjung Karang. Ditempat ini juga terdapat kampung nelayan yang lumayan padat, terkadang pada sore hari kita dapat menjumpai para nelayan yang kembali dari laut.

Dari pantauan Radar Sulteng, setiap harinya pantai Boneoge selalu dikunjungi khususnya masyarakat untuk bersantai sembari menikmati indahnya matahari terbenam. Tak jarang pula turis mancan Negara yang berkunjung ke tanjung karang untuk sekedar diving justru menyempatkan diri datang ke Boneoge.

Memang di Boneoge belum tersdia coutage-coutage besar seperti di Tanjung Karang. Namun pengunjung tak terlalu mempermasalahkan hal itu. Pasalnya cukup banyak spot-spot yang bisa dijadikan tempat bersantai sembari melihat keindahan matahari terbenam. Beberapa diataranya di tepi pantai hingga di atas tebing.

Hal itu juga dibenarkan oleh warga sekitar, Ilham. Menurut dia, pantai Boneoge memang sering dikunjungi oleh wisatawan pada sore hari. Kata Ilham, semua pengunjung yang datang pada sore hari tersebut selalu mengabadikan detik-detik terbenamnya matahari. “Yang paling banyak datang kemari itu, anak-anak muda. Pasti mereka juga berfoto-foto di sini,” ungkap pria 40 tahun itu.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Donggala, Muhammad SSTP, dulunya Boneoge hanyalah desa atau perkampungan nelayan. Namun pada tahun 1998, Boneoge mangalami perubahan menjadi Kelurahan di Kecamatan Banawa. Seiring berjalannya waktu, Boneoge mulai banyak dikunjungi wisatawan. Pasalnya kata Muhammad, di boneoge sendiri sebenarnya banyak keindahan yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya. “Selain hamparan pasir putih, di boneoge juga memiliki spot pemandangan bawah laut. Terumbu karang di tempat itu sangat bagus dan masih alami,” terang mantan Camat Banawa ini.

Kedepannya kata Muhammad, Boneoge bisa dijadikan tempat untuk berbagai olahraga, seperti voli pantai hingga olahraga air. Bagaimana tidak, garis pantai dengan perumahan warga memang agak jauh jika dibandingkan dengan pantai tanjung karang. “Kalau di tanjung karang khusus untuk diving, maka di boneoge bisa dijadikan pusat olahraga air,” ungkapnya.

Muhammad juga mengakui, jika wisatawan ingin menikmati keindahan sunset, maka Boneoge lah tempat yang paling tepat. Muhammad juga mengakui turis mancan Negara yang berkunjung ke pantai tanjung karang tak sedikit yang berkunjung ke boneoge untuk menimati indahnya sunset. “Mereka menginap di tanjung karang, tapi kalau mau lihat sunset mereka pasti ke boneoge. Memang keindahan boneoge tak kalah dengan tempat lain,” tandasnya.(***)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.