Netizen Ramai-ramai “Bully” Mobil Sampah Milik Pemkot

- Periklanan -

PALU – Armada sampah milik Pemerintah Kota Palu, kembali menjadi sorotan netizen. Pasalnya, salah satu armada sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, tertangkap kamera mengangkut sampah dengan kontainer atau bak sampah yang sudah berlubang-lubang.

Salah satu kontainer yang di angkut dengan menggunakan truk pengangkut sampah yang rencananya akan di tarik oleh DLH kota Palu. (Foto: Capture from Facebook.com/Ifful)

Dalam foto yang dibagikan ke salah satu grup lokal Kota Palu, tampak mobil berwarna kuning tersebut, mengangkut sampah dengan baknya yang berlubang dan ditutupi oleh seng dan terpal. Namun, beberapa muatan, juga terlihat keluar dari lubang. Salah satu warga dengan nama akun Ifful menuliskan “Gimana kota palu mo bersih, mobil yang angkut saja modelnya begini” tulisnya.

Postingan Ifful ini pun mendapat respon dari sejumlah netizen, yang menyoroti pihak Pemerintah Kota Palu, yang tidak bisa memperbaharui armadanya. Pemilik akun Hery Physio berkomentar “Ini bagus di tembak ee oleh senjatanya wali dan wawali kotya yang di gambR spanduk itu… Perangi sampah… Oegang senjata… #2019perbanyakArmadaSampah” tulis Hery. Lain lagi komentar pemilik akun Erwin Junior “Kasian btul eeh mbil sampahx kota palu. Macam sdh tdk ada doi mo gnti itu mbil”sindir nya.

- Periklanan -

Terkait postingan tersebut, buru-buru langsung diklarifikasi pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu. Pada intinya, disampaikan Kabid Pengelolahan Sampah dan Limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) DLH kota Palu Moh Iqbal, seluruh truk pengangkut sampah milik Pemerintah Kota Palu masih dianggap layak beroperasi melakukan pengangkutan sampah. “Jumlah truk pengangkut sampah yang ada sama kita sebanyak 38 unit, dan semuanya masih dianggap layak untuk difungsikan,” ungkapnya, Jumat (20/7) kemarin.

Dari jumlah truk pengangkut sampah tersebut, kurang dari 10 unit truk pengangkut sampah Kota Palu, pemakaiannya sudah melebihi dari masa pemakaian. “Kalau untuk truk sampah yang tua banyak di sini, dan pemakaiannya sudah terlalu lama, tapi masih layak saja dipakai,” sebutnya.

Sementara jika ada truk pengangkut sampah yang rusak, dari DLH kota Palu sendiri sudah menyiapkan fasilitas perbaikan, seperti sudah menyediakan bengkel sebagai alternatif dari adanya truk sampah yang rusak. “Kita sudah ada menyediakan semacam bengkel yang khusus untuk menangani masalah truk yang rusak dari DLH kota,” bebernya.

Dia juga membantah, jika truk pengangkut sampah Pemkot Palu sudah tidak layak digunakan. “Informasi dari warga kota Palu yang menganggap bahwa ada truk sampah milik DLH kota sudah tidak layak itu tidak benar, karena yang saya ketehaui bahwa untuk truk milik DLH masih layak semuanya, meski saya akui memang kalau tua pasti adalah,” tuturnya.

Untuk truk sampah pengangkut sampah yang beredar di media sosial facebook beberapa waktu yang lalu, foto tersebut kata dia, merupakan kontainer sampah yang diangkut dengan menggunakan truk pengangkut sampah dari Tempat Pemungutan Sementara (TPS). “Itu bukan truk pengangkut sampah, seperti yang beredar di grup facebook, melainkan hanya kontainer sampah yang di tempatkan di TPS, dan rencananya untuk kontainer tersebut akan kita tarik dan tidak digunakan lagi,” tutupnya. (zal)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.