Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Muhammadiyah Sulteng Gelar Musyawarah Pimpinan Tahun 2020

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menggelar Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspimwil), diikuti 14 Pimpinan Daerah se Sulteng serta dihadiri oleh Ortom. Dengan agenda Muspimwil, selain evaluasi hasil keputusan Muswil, program kerja dan rekomendasi juga membahas hal-hal urgen lainnya, termasuk masalah penanganan Covid-19 di Sulteng.

Ketua PW Muhammadiyah Sulteng Hadie Sutjipto bersama Sekretaris PW Muhammadiyah Sulteng Muh. Amin Parakkasi berkesempatan menggelar konferensi pers dengan para wartawan, dan menjelaskan rangkaian agenda Muspimwil, Sabtu (14/11).

Humas PW Muhammadiyah Sulteng, juga memberikan rilisnya kepada para wartawan untuk dipublikasikan, yakni sebagai organisasi yang memiliki struktur lengkap, Muhammadiyah memiliki agenda rutin untuk menggelar permusyawaratan di seluruh jenjang pimpinan. Tujuan digelarnya musyawarah, untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja pada periode sebelumnya. Juga evaluasi terhadap kinerja dan gerak roda organisasi.

Musyawarah juga digelar, untuk memilih pimpinan yang baru untuk masa periode kepemimpinan lima tahun. Muspimwil Muhammadiyah Sulteng tahun 2020, diselengarakan oleh dan atas tanggungjawab serta dipimpin oleh Pimpinan Wilayah. Ketentuan tentang pelaksanaan tata-tertib, dan susunan acara Musyawarah Wilayah (Muswil) ditetapkan oleh Pimpinan Wilayah.

Undangan dan acara Muswil dikirim kepada anggota Muswil selambat-lambatnya satu bulan sebelum Muswil berlangsung.

Muspimwil Muhammadiyah Sulteng tahun 2020, dibuka oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Syafiq A Mughni, MA, P.Hd.

Susunan acara Muswil yakni laporan Pimpinan Wilayah tentang kebijakan pimpinan, organisasi, pelaksanaan keputusan-keputusan Muktamar, Tanwir, instruksi pimpinan pusat, pelaksanaan keputusan Muswil, Muspimwil, dan Rapat Pimpinan tingkat wilayah, keuangan, program wilayah, masalah Muhammadiyah dalam wilayah, serta usul-usul.

Muspimwil Muhammadiyah tahun 2020 dihadiri oleh anggota muswil, yakni anggota Pimpinan Wilayah yang sudah disahkan oleh Pimpinan Pusat. Anggota Muspimwil dari unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Sulteng, dan unsur Ortom tingkat wilayah (Sulteng).

Dalam Muspimwil tahun 2020 ini, dihadiri 14 Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Sulteng, serta dihadiri seluruh wakil Ortom, yakni Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Tapak Suci, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Sedangkan agenda Muspimwil, selain evaluasi hasil keputusan Muswil, program kerja dan rekomendasi, juga membahas hal-hal urgen lainnya. Termasuk masalah penanganan Covid-19.

Saat ini, di Sulteng telah terbentuk Muhammadiyah Covid Centre Comand (MCCC), yang bersama pihak-pihak terkait, turut melakukan penanggulangan Covid-19.

Belum lama ini, MCCC Sulteng dibantu seluruh MCCC tingkat Kabupaten dan Ortom, telah membagikan masker standar sebanyak 9.000 pcs. Terkait perhelatan politik, Muhammadiyah tetap pada komitmen untuk tidak masuk dalam ranah politik praktis. Olehnya itu, secara institusi Muhammadiyah tidak akan mengarahkan warganya untuk memilih Pasangan Calon tertentu.

Peserta Muswil yaitu Wakil Unsur Pembantu Pimpinan (Majelis dan Lembaga) tingkat Wilayah, masing-masing dua orang. Undangan khusus dari kalangan Muhammadiyah yang ditentukan oleh Pimpinan Wilayah. Anggota Muswil berhak menyatakan pendapat, memilih, dan dipilih.

Peserta Muswil berhak menyatakan pendapat. Peninjau Muswil tidak berhak menyatakan pendapat, memilih, dan dipilih. Keputusan Muswil harus dilaporkan kepada pimpinan pusat selambat-lambatnya satu bulan sesudah muswil.

Apabila dalam waktu satu bulan sesudah laporan dikirim, tidak ada keterangan atau keberatan dari pimpinan pusat, maka keputusan Muswil dapat ditanfidzkan oleh pimpinan wilayah.

Masih dalam situasi wabah Covid-19, sehingga pelaksanaan Muspimwil tahun 2020 ini, digelar secara virtual zoom telekonferensi video. Walaupun dilakukan secara online, namun Muspimwil digelar terbatas. Akses masuk ke room linkzoom, hanya diberikan untuk peserta dan anggota Muspimwil Tahun 2020.

Sebagai informasi tambahan, bahwa pada Ahad 15 November 2020, juga akan digelar puncak perayaan Milad ke-108 Muhammadiyah tingkat provinsi Sulawesi Tengah, yang akan disiarkan secara live streaming dan juga menggunakan aplikasi zoom. Untuk perayaan puncak Milad, terbuka untuk seluruh warga Muhammadiyah.

Menurut rencana, puncak milad ke 108 Muhammadiyah tingkat provinsi Sulawesi Tengah, akan diisi dengan pidato milad oleh Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais, serta pidato milad oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulteng, Hadie Sutjipto.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.