Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Muhammadiyah Palu Tetapkan 10 Lokasi Salat Idul Adha

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Warga Muhammadiyah melaksanakan shalat id bebrapa waktu lalu.(Foto: bmzIMAGES)

PALU – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palu menetapkan tempat pelaksanaan salat Idul Adha 1438 H/2017 M. Terdapat sepuluh titik yang tersebar di berbagai kecamatan dan kelurahan di Kota Palu.

Ketua Majelis Tablig PD Muhammadiyah Kota Palu, Abd. Akhir Lamantu AmdT, mengungkapkan, sepuluh lokasi pelaksanaan salat Idul Adha tersebut, di wilayah Palu Utara, mengambil lokasi Terminal Pelabuhan Pantoloan, dengan khatib Dr Sirajuddin Abdullah MSi.

Kemudian di halaman Masjid Al-Falah BTN Pengawu, khatib H Kamaruddin Syam SH MH, halaman Masjid Al-Ikhwan BTN Birobuli, khatib Ahmad Syai’I SPdI, dan kompleks Pondok Pesantren Muhammadiyah Nunu, bertindak sebagai khatib Mahfud Masuara SH. Sementara di lapangan Gelanggang Mahasiswa Jalan Lasoso, bertindak sebagai khatib Jamaluddin Hadi.

“Di kompleks Masjid Al-Haq Bumi Nyiur Palu, khatib Ahmad Sa’id Matondang MPd, halaman Masjid Al-Kautsar BTN Silae, khatib Dr Abidin MAg. Kemudian halaman Masjid Darul Arqam Lere, khatibnya Hadie Sucjipto BSc, kompleks Unismuh Palu yang bertindak khatib Drs H Syamsuridjal Anggo, dan halaman Masjid Al-Munawwarah Ujuna, khatibnya pak DR H Hamdi Rudji MSi,”sebut Akhir.

Dia juga menyebutkan, PD Muhammadiyah Kota Palu akan menggelar salat Idul Adha, Jumat (1/9), sesuai dengan hasil hisab Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Akhir juga menyinggung mengenai jumlah hewan kurban untuk wilayah PD Muhammadiyah Kota Palu yakni, Masjid Amir Almukminin 3 ekor sapi, Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Pantoloan 2 ekor sapi, Pimpinan Ranting Pengawu 16 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kemudian imbuh Akhir, di Masjid Al-Ikhwan BTN Birobuli ada empat ekor hewan kurban masing-masing 2 ekor sapi dan 2 ekor kambinr. Masjid An-Nur Birobuli 8 ekor sapi. Masjid Muhammadiyah Nurul Iman 2 ekor sapi.

Selanjutnya di Perguruan Muhammadiyah Nunu ada 2 ekor sapi, Masjid Al-Haq Palu 5 ekor sapi, Masjid Al-Kautsar BTN Silae 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Masjid Darul Arqam Lere 14 ekor sapi, Unismuh Palu 5 ekor sapi, Masjid Al-Amin Lasoso 4 ekor kambing, Masjid Al-Furqan Palu 1 ekor sapi, dan Masjid Baitul Haq BTN Lasoani 6 ekor sapi.

“Jumlah keseluruhan ada 78 ekor, 73 sapi dan 5 kambing,” tutup Akhir.

Terpisah, Kepala Bagian Kesra, Abd Hafid Jakatare SAg MAdmKP kepada Radar Sulteng mengungkapkan, Pemerintah Kota Palu memusatkan pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahim Lolu sebagaimana yang dilakukan saat salat Idul Fitri.

“Salat Idul Adha kali ini, seperti saat Idul Fitri, kita pusatkan di Masjid Raya,” ujar Abd Hafid ditemui di ruang kerjanya, kemarin (29/8).

Ditanya soal alasan belum digunakannya lapangan Vatulemo sebagai tempat pelaksanaan salat Idul Adha, Abd Hafid menjelaskan, dia hanya menyampaikan instruksi pimpinan terkait tempat pelaksanaan Salat Idul Adha. Sehingga kata dia, untuk menentukan salat di lapangan Vatulemo bukan kewenangannya.

“Saya rasa ada perhitungan tersendiri dari pimpinan. Salah satunya juga terkait perhatian masyarakat kepada pegawai syara masjid. Dengan dipusatkan di masjid, sedekah masyarakat tentunya akan dikelola oleh pegawai syara setempat,” jelasnya.

Lebih lanjut Abd Hafid mengatakan, Pemkot juga sudah menyurat ke Kelurahan-kelurahan terkait jadwal takbiran saat malam Idul Adha.

Pemkot kata Abd Hafid, berharap bagi seluruh umat Islam di Kota Palu untuk memusatkan takbiran di masjid masing-masing dan tidak melakukan konvoi. “Kita harap takbiran dilakukan di masjid-masjid agar gaungnya lebih kedengaran. Untuk waktunya, hingga pukul 22.00 setelah itu, kami berharap untuk tidak terlalu mengeraskan suara karena masjid kita ini berada di tengah-tengah kota, sehingga tidak mengganggu orang yang ingin istirahat,” pungkasnya. (fdl/saf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.