MTsN 2 Kota Palu Ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional

- Periklanan -

DOK MTSN 2 KOTA PALU
PRESTASI NASIONAL: Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Dr H Rusman Langke (kedua dari kiri), memberikan apresiasi kepada Kepala MTsN 2 Kota Palu, Muh Sarib (paling kiri memegang trophy Adiwiyata Mandiri Nasional), atas prestasi madrasahnya yang ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata nasional.

PALU – Dalam perayaan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) pekan kemarin, menjadi ajang pembuktian jajaran MTsN 2 Kota Palu. Di momen tersebut, Kepala MTsN 2 Kota Palu, Muh Sarib, SAg, MPdI, menerima trophy dan penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri tingkat nasional.
Disebut berkat sentuhan tangan dinginnya, sehingga MTsN 2 Kota Palu bisa meraih prestasi tingkat nasional tersebut, Muh Sarib hanya tersenyum. Dengan nada merendah, Muh Sarib yang ditemui Rabu kemarin (9/1), mengungkapkan bahwa diraihnya prestasi yang cukup membanggakan tersebut, berkat dukungan dan partisipasi dari berbagai kalangan.
“Tentu saja, semua ini berkat dukungan sepenuhnya dari Pak Kakanwil dan pejabat utama di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulteng. Juga dukungan dari Pak Kakan Kemenag Kota Palu, serta dukungan para guru, orangtua dan komite. Juga berkat bimbingan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah Kota Palu dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,”katanya.
Menurut Muh Sarib, setelah dilantik sebagai Kepala MTsN yang dulunya dikenal dengan nama MTsN Palu Barat tersebut, salah satu tugas dan tanggung jawab yang diembannya adalah membawa MTsN 2 Kota Palu untuk meraih berbagai prestasi. Salah satunya, meraih prestasi sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri hingga ke Tingkat Nasional.
“Alhamdulillah berkat kerja keras kami, segala ikhtiar yang kami lakukan, bisa meraih sesuatu yang sebelumnya mungkin hanya baru sebatas mimpi. Partisipasi dan dukungan semua pihak itu, mewujudkan mimpi menjadi kenyataan,”katanya lagi.
Penghargaan bergengsi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tahun 2018 tersebut diterima Kepala MTsN 2 Muh Sarib bersamaan dengan gelaran peringatan Hari Amal Bakti (HAB) 73 pada Kamis 3 Januari 2018 di Kanwil Kemenag Sulteng.
MTsN 2 Kota Palu ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri pada 17 Desember 2018 berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor: SK.557/MENLHK/P2SDM.2/12/2018.Tahun 2018, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri kepada 117 sekolah mulai dari SD, SMP/MTsN dan SMA/MA.
Penghargaan ini diberikan pemerintah dalam rangka meningkatkan peran warga sekolah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan dan berperan aktif serta berkinerja baik melestarikan fungsi lingkungan hidup.
“Alhamdulillah MTsN 2 Palu berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri 2018. Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang menjadi kado istimewa di peringatan HAB 73,” ujar Muh Sarib.
Ia menambahkan, kerberhasilan MTsN 2 Kota Palu meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2018 tidak lepas dari dukungan sejumlah pihak termasuk dari Kanwil Kemenag Provinsi Sultengdan Pemerintah Provinsi Sulteng.”Ini merupakan kebahagian bagi segenap keluarga besar MTsN 2 kota Palu,” ujar Kepala Kanwil Rusman Langke saat menyerahkan penghargaan.
Menurut Muh Sarib, selain penghargaan Adiwiyata Mandiri, sepanjang 2018 MTsN 2 Kota Palu juga berhasil meraih sejumlah penghargaan, di antaranya juara I lomba kebersihan dan keindahan kantor tingkat provinsi dan juara I sekolah sehat tingkat Kota Palu.
“Siswa kami juga mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang studi IPA,”ungkapnya.
Bukan hanya siswa yang juara, di antara deretan prestasi yang diraih sepanjang 2018, ada di antaranya Juara I Guru Berprestasi tingkat Provinsi. Guru tersebut atas nama Rusdiana, SPd, MPd. MTsN 2 Kota Palu juga meraih, Juara Umum I Pramuka tingkat provinsi, serta Juara Umum I tingkat Provinsi Pramuka tingkat Penggalang.
“Alhamdulilah kami juga meraih juara tingkat provinsi PBB Kreasi yang dilaksanakan oleh Dispora, Juara tingkat provinsi, untuk lomba semafor, pentas seni, comp standar dan Musik Tradisional,”pungkasnya.(*/hnf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.