Meriah Pembukaan Pesona Budaya dan Pariwisata se Sulteng XVI di Poso

- Periklanan -

Asisten I Setdaprov Sulteng Moh Arif Latjuba (dua dari kiri), Kepala Dinas Pariwisata Sulteng H Ardiansyah Lamasitudju (kanan), serta sejumlah tamu penting lainnya, usai penyerahan piagam penghargaan pada acara pembukaan Pesona Budaya dan Pariwisata se Sulteng ke XVI tahun 2017, Rabu (10/5). (Foto: Dinas Pariwisata Sulteng)

POSO – Rabu (10/5) pagi, peserta iven Pesona Budaya dan Pariwisata se Sulteng XVI dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Sulteng XVI, mulai memadati alun-alun Sintuwu Maroso, Kabupaten Poso, Sulteng.

Berbagai penampilan atraksi budaya, termasuk tarian massal ditampilkan sebelum acara puncak pembukaan oleh Gubernur Sulteng H Longki Djanggola yang diwakili Asisten I Setdaprov Sulteng Moh Arif Latjuba.

Pagi itu, sejumlah tamu penting turut hadir, mulai dari perwakilan Kementerian Pariwisata RI, Bupati/Wali Kota se Sulteng, para pimpinan Forkompinda se Sulteng, tokoh masyatakat, dan tokoh adat Kabupaten Poso.

Asisten I Setdaprov Sulteng, Moh Arif Latjuba mengatakan, dengan menggelar satu event baik itu budaya maupun olahraga berarti pemerintah maupun pemerintah daerah berupaya memfasilitasi dan memberikan ruang bagi masyarakat untuk menuangkan kreativitasnya di bidang seni dan budaya sehingga para seniman berbakat dapat menjadi profesional di bidangnya.

Di sisi lain pemerintahan memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk meningkatkan sportivitas dan meningkatkan prestasi di bidang olahraga.

- Periklanan -

“Seiring dengan tema pesona budaya dan pariwisata udah 16 tahun 2017 yaitu pesona budaya merajut kebersamaan membangun pariwisata berdaya saing, mengajak kita semua tidak hanya peserta pesona budaya tetapi seluruh masyarakat Sulawesi Tengah untuk membangun kebersamaan dalam semua aspek pembangunan agar daerah kita mampu bersaing dan sejajar dengan daerah lain yang lebih maju,” ungkapnya.

Lanjutnya, dua event tingkat provinsi yaitu pesona budaya dan pariwisata serta Pekan Olahraga Pelajar Daerah yang melibatkan peserta dari seluruh kabupaten kota se Sulawesi Tengah dilaksanakan di Kota Poso, menunjukkan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah bahwa Poso benar-benar aman dan kondusif dan itulah Salah satu bukti adanya tekad dan kebersamaan seluruh komponen masyarakat Sulawesi Tengah untuk membangun daerah terutama di sektor pariwisata maupun di bidang olahraga.

“Menyadari bahwa tentunya mereka dalam kita menyelenggarakan suatu kegiatan yang pasti ada kendala baik di bidang perlengkapan maupun maupun pendanaan namun saya yakin kendala-kendala tersebut tidak akan mengurangi semangat kita untuk berjuang dan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain bermanfaat bagi bangsa dan negara kita. Setiap kendala yang kita temui marilah kita jadikan itu menjadi satu peluang dan pemacu semangat untuk lebih berusaha mengejar ketertinggalan kita dengan daerah lain dalam berbagai bidang,” terangnya.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih telah ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kedua event tingkat provinsi tersebut. Olehnya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dan masyarakat Kabupaten Poso Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah H longki djanggola yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Poso untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan event pesona budaya dan pariwisata serta pekan olahraga pelajar daerah ke-16 tahun 2017.

Tentinya kata dia, dengan kehadiran seluruh peserta kegiatan kegiatan itu di Kota Poso, sangat membuktikan bahwa Kabupaten Poso di Sulawesi Tengah benar-benar daerah yang aman untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

“Kehadiran di Poso juga tentulah diharapkan bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Poso di sini kami memiliki cukup banyak destinasi yang tidak kalah indahnya, tidak kalah bagusnya dengan daerah lain, mulai dari destinasi wisata wisata laut wisata alam Lingga wisata situs megalitikum,” ujarnya saat menyampaikan sambutan selamat datang.

Pada pembukaan kegiatan secara resmi Rabu siang itu juga, dilakukan kunjungan di stand pameran budaya dan pariwisata. Sementara, Rabu (10/5) malam, digelar salah satu rangkaian acara Pesona Budaya dan Pariwisata ke XVI, yaitu Parade Budaya dari 12 kabupaten dan 1 kota se Sulawesi Tengah. (*/adv)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.