Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Menunggu Rekomendasi DPP

Dua Nama Cawagub Sulteng Segera Diserahkan ke Gubernur

PALU – Seolah memburu waktu deadline pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Tim Advance partai pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng periode 2016-2021, akhirnya mengeluarkan dua nama Cawagub Sulteng untuk menggantikan almarhum Sudarto SH MH.
Dua nama Cawagub yang dilahirkan empat partai pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Bulan Bintang (PBB) itu sudah sah dan memenuhi syarat Tata Tertib (Tatib) pemilihan yang akan dilakukan oleh 45 orang anggota DPRD Sulteng.
Rapat tim advance yang dipimpin Ketua tim Dr Alimuddin Paada (Wakil Ketua DPW Partai Gerindra Sulteng), H Rusli Dg Palabbi SSos MH (Sekretaris DPW PAN Sulteng), H Amin Thahir (Ketua DPW PKB Sulteng), dan H Andi Mansur Pasande (PBB) pada Rabu (31/12) pukul 15.00 wita, telah bersepakat menetapkan dua nama Cawagub yakni H Rusli Dg Palabbi dan H Andi Masur Pasande, “ kata ketua tim advance partai pengusung, Alimuddin Paada, kepada Radar Sulteng, Selasa kemarin (1/1).
” Namun demikian, kami masih menunggu rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai pengusung apakah setuju dengan dua nama Cawagub ini untuk dipilih sebagai Wagub Sulteng, ” jelas Alimuddin.
Menurutnya, bila sudah ada rekomendasi dari DPP, maka tim advance akan menyerahkan dua nama itu ke Gubernur Drs H Longki Djanggola MSi selaku user sekaligus pimpinan koalisi partai pengusung. Selanjutnya gubernur menyerahkan kepada pimpinan DPRD untuk menggelar pemilihan yang akan dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan (Panlih) Cawagub DPRD Sulteng.
Sejauh ini kata Alimuddin, Panlih telah menyusun Tatib pemilihan Cawagub untuk menjadi Wagub yang sah dan devinitif guna mengisi kekosongan jabatan Wagub Sulteng yang kosong.
“Mengenai jadwal pemilihan sudah disusun DPRD melalui Badan Musyawarah (Banmus) dan tim Panlih, “ terangnya.
Dari penelusuran media ini, jadwal pengajuan nama Cawagub telah dimundurkan oleh DPRD Sulteng hingga 17 Januari 2019 nanti. Panlih pun kini menunggu hasil rekomendasi DPP empat partai pengusung terhadap dua Cawagub di atas.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.