Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Mentan RI Tegaskan Indonesia Tidak Impor Beras

MOROWALI-Pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Morowali Senin (7/10) lalu dalam rangka panen perdana padi organik di Desa Solonsa Jaya Kecamatan Witaponda, Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman menegaskan, bahwa Indonesia sama sekali tidak pernah impor pertanian khususnya beras dari negara lain.

Pernyataan tersebut ia sampaikan, dalam rangka menjawab pemberitaan yang beredar yang menyebutkan bahwa pada 2020 mendatang Indonesia akan Impor beras secara besar-besaran.

Pria yang akrab disapa Amran ini menjelaskan bahwa, saat ini di Indonesia stok beras sangat melimpah. Saking melimpahnya kata Amran, beberapa gudang Bulog penuh dan tak mampu lagi menampung beras.

“Gimana mau impor beras, gudang Bulog saja sekarang udah penuh. Itu pemberitaan saya tidak tahu sumbernya darimana, dan mungkin yang memberitakan itu tidak cek fakta di lapangan,”ungkapnya.

Amran menambahkan, saat ini Provinsi yang sudah menyewa gudang Bulog dan stok berasnya sangat melimpah yaitu Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Sumatera Selatam, Sulawesi Selatan, dan Merauke.

“Bahkan saat ini, Indonesia menjadi eksportir pertanian nomor 5 di dunia. Itu baru saja di release dari FAO (Food and Agriculture Organization, organisasi di bawah naungan PBB yang mengurus soal pangan dunia, red),”ucapnya.

Pria kelahiran Provinsi Sulawesi Selatan ini menerangkan, bahwa Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia pada 2040 mendatang. Namun kata dia, hal itu bisa dicapai jika petani di Indonesia tidak bermalas-malasan dalam bekerja.(fcb)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.