Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Mentan Pimpin Panen Raya Padi Serentak

Memperingati Hari Pangan Sedunia ke-41

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

SIGI-Dalam rangka Hari Pangan Sedunia yang ke-41 tahun 2021, dilaksanakan panen raya padi secara serentak yang diselenggarakan diseluruh provinsi secara virtual, Senin (25/10), dengan tema “ Pertanian Meningkat, Pangan Aman, ditengah pandemik krisis global.”

Provinsi Sulawesi Tengah dilaksanakan di Kabupaten Sigi, Kecamatan Gumbasa tepatnya di kelompok tani Idaman Jaya pada hamparan seluas 100 hektare, varietas Mekongga dengan produktivitas 4,8 ton per hektare.

Hadir pada saat panen Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Kepala BPTP Sulawesi Tengah (Sulteng), Badan Karantina Klas II Palu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikuktura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Peneliti dan Penyuluh BPTP Sulteng, Penyuluh WK Gumbasa, perwakilan kelompok tani se Kecamatan Gumbasa.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas pencapaian Indonesia di bidang pertanian khususnya dalam pemenuhan pangan ditengah pandemi Covid-19. Pertanian satu-satunya yang terus bertumbuh dan masih mampu ekspor. Keberhasilan ini karena adanya petani yang terus menanam untuk memenuhi kebutuhan pangan 273 orang dengan dukungan penuh dari pemerintah pusat maupun daerah.

“ Indonesia memiliki iklim yang sangat mendukung untuk meningkatkan produksi olehnya diharapkan kerjasama dari semua pihak untuk meningkatkan produksi menuju swasembada dan ekspor. Antasipasi dalam menghadapi anomali iklim sangat diperlukan dengan mengoptimalkan inovasi teknologi, “ kata Mentan.

Mentan mengajak generasi muda untuk bertani karena bertani itu hebat menjadi petani itu keren. Sejengkal lahan harus dimanfaatkan untuk bertani, baik itu pangan maupun sayuran dan buah-buahan. Tantangan ke depan adalah bagaimana menghadapi kekeringan dan banjir, sehingga dibutuhkan riset dan inovasi teknologi pertanian untuk menghadapi masalah tersebut agar pangan tetap terpenuhi.

“ Semoga dengan panen raya ini dapat memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat kita. Jayalah Pertanian Indonesia, “ pungkas Mentan.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.