alexametrics Mengenal Tim Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palu – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Mengenal Tim Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palu

Selamatkan Korban Kebakaran hingga Kambing Hamil

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Tidak banyak yang mengetahui, selain bertugas memadamkan api bila terjadi kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palu, juga memiliki Tim Rescue. Mereka memiliki tugas tidak hanya membantu menyelamatkan manusia saja, namun juga hewan yang terancam nyawanya.

LAPORAN : DENNY PANTOW-NAUFAL ARROISI, Tanamodindi

SEKELOMPOK pria berseragam biru, tampak asik bercengrama di salah satu sudut di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Jalan Balai Kota Timur, Tanamodindi, Kota Palu. Meski terlihat santai, dalam hitungan detik, ketika menerima laporan, mereka segera beranjak dari tempat duduk dan langsung mengambil perlengkapan.

Mereka adalah Tim Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palu. Kehadiran Tim ini, tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, ketika terjadi kebakaran, yang di dalamnya juga mengancam nyawa seseorang, Tim Rescue ini lah yang terdepan melakukan penyelamatan.

Di luar tugas utamanya, untuk menyelamatkan nyawa manusia, baik yang terjebak dalam kebakaran maupun dalam kejadian bencana lainnya, Tim Rescue yang terbagi 3 Regu ini, juga kerap menerima laporan dari warga adanya hewan yang terancam. Seperti yang baru saja mereka selamatkan. Seekor kambing hamil yang terperosok masuk ke dalam sumur setinggi 15 meter.

Ketika masuk laporan, satu regu Tim Rescue menggunakan mobil double kabin langsung meluncur. Kepala Seksi Penyelamatan, Muhammad Roys mengatakan, bahwa anggotanya pun langsung turun mengangkat kambing itu dari sumur, menggunakan perlengkapan lengkap dan aman. Kambing pun dapat diselamtkan.

“Jadi kami ini bertugas 1 x 24 jam juga, sama seperti teman-teman pemadam kebakaran, karena kami tugasnya juga mendukung pemadam kebakaran, sekaligus menyelamatkan manusia maupun hewan yang terancam keselamatannya,” kata Roys.

Tidak hanya itu, Tim Rescue ini, juga pernah menyelamatkan kucing yang terjepit serta ular yang kerap masuk ke rumah warga. Khusus penanganan ular, anggota Tim Rescue juga telah dibekali cara penanganan ular ketika menangkap ular. Sebab hal tersebut, juga dapat berbahaya bila tidak memiliki keahlian khusus.

Sementara untuk tugas penyelamatan lainnya, seperti evakuasi jenazah-jenazah korban bencana likuifaksi baik di Balaroa maupun di Petobo, sudah tidak terhitung lagi berapa kali mereka lakukan, sejak terjadinya bencana 28 September lalu. Tim Rescue ini, juga pernah diturunkan bersama anggota Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu lainnya, untuk ikut membantu penanganan bencana di Masamba, Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palu, Sudaryano Lamangkona mengatakan, bahwa Tim Rescue memang memiliki tugas prioritas yakni dalam hal penyelamatan. Sudaryano juga mejelaskan, bahwa tidak semua anggota pemadam kebakaran dapat melakukan penyelamatan.

“Tidak hanya melakukan penyelamatan, tim rescue sendiri bertugas untuk melakukan evakuasi terhadap korban kebakaran atau adanya korban yang terancam lainnya,” tandas Ano, sapaan akrab kepala dinas. (**)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.