Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Menelusuri Air Terjun Misterius di Desa Balane Sigi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

AIR terjun dari bendungan sungai Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi memiliki daya tarik sendiri. Entah karena pengaruh namanya yang diberi nama oleh masyarakat setempat sebagai Air Terjun Misterius. Mengapa disebut demikian, kita tidak mengetahui sebab musababnya sehingga disebut misterius.

Apakah karena tersembunyi diantara dua wilayah daerah, Kabupaten Sigi dan Kota Palu, yang juga tepat berada di bawah kaki gunung kembar yang membukit di hulu sungai Balane, atau sekadar “menyeramkan” tempat itu sebagai bumbu kata-kata pemberi daya tarik buat pengunjung.

Menuju destinasi wisata ini bisa melalui dua jalur pintu masuk, bisa dari jalur Desa Baliase Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi, ke arah barat. Bersamaan jalurnya ke destinasi wisata paralayang di Matantimali juga Kecamatan Kinovaro. Atau ambil jalur dari Kelurahan Pengawu Kota Palu, di Jalan Malantaro.

Jaraknya kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota. Sepanjang jalan yang kita lalui di kiri kanan kita akan melewati kebun-kebun warga yang ditanami berbagai jenis sayur mayur, tomat, cabe, dan persawahan (padi-padian).

Rumah-rumah penduduk dihuni warga yang ramah tamah, dan senyum yang mengembang tatkala kita berpapasan. Karena itu kamu dipastikan tidak akan tersesat, warga dengan senang hati akan menunjukan di mana tepatnya lokasi air terjun yang sebenarnya berasal dari sebuah bendungan yang dibangun pemerintah sekitar tahun 1990-an agar amukan air sungai disaat banjir dapat dijinakan atau dikontrol.

Hampir saban hari warga mendatangi air terjun misterius Balane ini. Baik warga Sigi maupun kota Palu, ataupun dari daerah lainnya yang ingin melihat dari dekat atau membuktikan sendiri bahwa memang benar ada bendungan air terjun misterius itu.

Untuk masuk ke lokasi, pengelola setempat mengenakan tarif masuk Rp 5 ribu untuk kendaraan bermotor, dan Rp 10 ribu untuk mobil. Disekitar destinasi juga tersedia penjual makanan dan minuman berbagai menu kuliner, mulai tradisional hingga kuliner bertaraf restoran. Jadi, kamu biar tidak bawa bekal dari rumah, kamu tidak akan kehausan dan lapar ketika berada di lokasi di udara terbuka itu.

Kesejukan air terjun yang memang jernih, membuat kita tak ingin cepat-cepat pulang. Jatuhan air terjun memiliki irama tersendiri yang memang misterius. Kamu dan kawan-kawan kamu pasti menikmatinya, melawan suara air terjun dengan tawamu bersama kawan-kawan kamu yang sedang gembira bersama.

Destinasi ini harusnya didesain lebih profesional lagi. Sangat menjanjikan sebagai usaha baru, menciptakan tenaga kerja, dan mensejahterakan masyarakat lokal.
Pembenahan dan pengadaan fasilitas menjadi prioritas, terutama penyediaan sarana pendukung sebuah tempat wisata, misalnya tempat ganti yang memisahkan lakilaki dan perempuan, gazebo diperbanyak, dan keteraturan tempat penjualan, serta ketertiban tempat parkir. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah keamanan, agar warga yang berkunjung merasa aman, nyaman, dan tenteram.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.