Mendikbud Pesan agar Gedung Serbaguna Smanor Palu Dirawat

- Periklanan -

Mendikbud bersama Gubernur Sulteng dan sejumlah pengelolaGedung Smanor Palu foto bersama usai persemian, Minggu (26/3). (Foto: Sugianto)

PALU – Gedung serba Guna fasilitas olahraga miliki sekolah keberbakatan Smanor Tadulako akhirnya diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendi MAP, Minggu (26/3).

Dihadapan para pelatih olahraga dan siswa Smanor Tadulako, Mendikbud Prof Muhadjir Effendi, berharap agar di masa-masa mendatang dari gedung serba guna Smanor Tadulako lahir atlet-atlet potensial yang dapat membawa harum nama bangsa indonesia di kanca internasional.

“Saya sudah berkunjung ke beberapa sekolah olahraga yang lain. Alhamdulillah menurut saya, Smanor Tadulako ini yang terbaik,” pujian Mendikbud yang disambut tepuk tangan meriah.

Sebagai pemerintah, Prof Muhadjir Effendi, menitip pesan agar ke depannya gedung serba guna tersebut, di kelola dengan baik, bagaimana perawatan dan pemanfaatannya.

“Dan tentunya saya ingin atlet-atlet prestasi tidak hanya bisa membanggakan Sulawesi Tengah, tapi juga untuk Indonesia di iven dunia,” jelasnya.

Menurutnya dengan adanya gedung tersebut, anak-anak Smanor harus berani keluar mengikuti kejuaraan dunia atau mendatangkan atlet-atlet dunia.

“Saya rasa tidak cukup, jika ke depannya atlet yang dibina di Smanor hanya diujicobakan disini, harus berani keluar,” tandasnya.

Sementara Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola MSi, menyebut bahwa nama Tadulako di belakang Smanor sengaja diberi nama khusus karena tadulako merupakan simbol Sulawesi Tengah, sama seperti Universitas Tadulako.

- Periklanan -

“Saya ingin Smanor Tadulako yang sudah memiliki fasilitas yang sangat refresentatif ini bisa mendapatkan atlet-atlet berprestasi,” harapnya.

Gubernur sendiri memuji keberadaan Smanor yang sudah berhasil menyumbang atlet peraih medali di ajang Pekan Olahraga Nasional di Bandung Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“Artinya bahwa dengan siswa yang baru kelas dua Smanor Tadulako sudah mendapat hasil yang luar biasa, makanya kami percaya satu atau dua tahun ke depan, tentunya kami akan mendapatkan hasil atlet berprestasi melalui Smanor Tadulako ini,” jelasnya.

Ditambahkan bahwa selain pembinaan olahraga melalui Smanor Tadulako, juga ada sentra olahraga PPLP yang di bina langsung oleh Kemeterian Pemuda dan Olahraga.

“Tetapi ke depan, kami dengar PPLP ini akan digabung dan dikelola langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” sebutnya.

Namun yang terpenting menurut Gubernur, melalui dua sentra olahraga yakni PPLP dan Smanor Tadulako bisa membawa nama harum daerah iven-iven nasional maupun di internasional. Negara dan bangsa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng Drs Irwan Lahace Msi, menyampaikan bahwa pembangunan gedung Smanor Tadulako adalah salah satu program direktorat PKLK Dikmen di tahun 2012. SKO yang mendapat bantuan menteri hanya ada 4 provinsi di Indonesia, salah satunya di Sulteng.

“Pembangunan Smanor bertahap, dari pembangun gedung sekolah hingga asrama sampai gedung serba guna yang akan diresmikan ini,” katanya.

Dikatakan bahwa pembangunan gedung tersebut, dimulai 26 Maret 2015 dengan anggaran sebesar 9,1 miliar.

“2016 lalu sudah selesai dibangun dan baru sempat diresmikan hari ini,” ucapnya. (egi)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.