Mendekatkan Energi ke Masyarakat, Pertashop Hadir Perdana di Palu

- Periklanan -


PALU – Sebagai upaya mendekatkan energi kepada masyarakat, Pertamina menghadirkan Pertashop, lembaga penyalur resmi Pertamina berskala kecil yang melayani kebutuhan BBM berkualitas dan beberapa produk Pertamina lainnya agar lebih mudah diakses oleh masyarakat terutama yang jauh dari akses SPBU.

- Periklanan -

Hal ini tentunya sejalan dengan UU Energi No. 30 tahun 2007 dimana tujuan pengelolaan energi salah satunya didasarkan oleh aspek accessibility yaitu meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan energi agar mereka dapat merasakan energi berkeadilan.

Pada Jumat (26/3), Pertamina Regional Sulawesi menghadirkan Pertashop pertama di Palu yang diresmikan oleh Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sulawesi Tengah dan Barat, Arwin Agustri Nugraha bersama dengan Camat, Lurah dan perangkat daerah setempat.

Pertashop pertama di Paiu dengan nomor 7P.94201 ini, berlokasi di Ji. Munif Rahman, Kelurahan Kabonena, Kecamatan Uiujadi, Paiu.
Dikonfirmasi secara terpisah, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan hadirnya pertashop ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan energi nasional, dimana energi tidak berhenti hanya di SPBU, tapi hingga ke desa-desa.
“Pertashop menjual one stop solution produk Pertamina seperti Pertamax untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat. Kami juga menyediakan produk lain seperti Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg serta pelumas berkualitas dari Pertamina. Semoga kehadiran Pertashop ini diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadi motor penggerak perekonomian daerah,” jelasnya.
Lebih lanjut Laode menjelaskan pengembangan Pertashop merupakan upaya menghadirkan energi berkualitas dengan standar kualitas dan kehandalan pasokan yang terjamin karena di suplai langsung oleh Terminal BBM Pertamina, sehingga aspek keamanan dan standar pelayanan sesuai dengan standar Pertamina.

Pertashop di Palu ini merupakan hasil dari kemitraan Pertashop melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) bersama Bank BRI. Laode menjelaskan Pertamina meneruskan penjajakan pola kemitraan Pertashop melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) bersama Bank Himbara yang sebelumnya diusung dalam sosialisasi bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), dimana fasilitas KUR diharapkan bisa mempermudah calon mitra Pertashop mengenai pola permodalannya. Dimana hal tersebut merupakan wujud sinergi BUMN untuk mempercepat pemerataan energi berkualitas di seluruh Indonesia.
Siapapun Bisa Miliki Pertashop
Peluang untuk membangun Pertashop kini dibuka untuk umum, syaratnya pun mudah hanya terdiri dari 2 kriteria, kriteria administrasi persyaratan dan kriteria lokasi. “Lokasi pembangunan Pertashop diutamakan lokasi yang belum terdapat lembaga penyalur resmi dan dapat dilalui oteh Mobil Tangki Pertamina. Jika kriteria ini sudah terpenuhi, seluruh operasional Pertashop juga akan dipastikan sudah sesuai dengan standar keselamatan serta standar kuatitas produknya akan terjamin serta disuplai langsung dari terminal BBM terdekat,” jelas Laode.
Laode pun menambahkan terdapat beberapa tipe Pertashop yang ditawarkan. “Ada tiga tipe Pertashop yaitu, Pertashop Gold (luas minimum lahan 210m2, kapasitas tangki 3 Kilo Liter), Platinum (luas minimum lahan 300m2, kapasitas tangki 10 KL), dan Diamond (luas minimum lahan 500m2 kapasitas tangki 10 KL). Perbedaan besaran lahan akan berpengaruh terhadap layanan bisnis nonfuel retail (NFR) yang dapat beroperasi, misalkan mini market, bengkel, dan bisnis turunan lainnya,” tuturnya. (Lib)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.