Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Melihat TPS Reduce, Reuse dan Recycle di Kelurahan Silae Palu

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

KERJA SAMPAH: Petugas TPS 3R saat sedang bekerja untuk memisahkan sampah yang akan diolah kembali. Kamis (2/2). (Foto: Safrudin)

SEPERTINYA Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi bisa dijadikan contoh bagi Kelurahan lainnya untuk menjaga lingkungan yang bersih dari sampah. Ada apa disana?

Laporan: Safrudin


SEJAK dua pekan yang lalu, di Kelurahan Silae, Kecamatan Ulujadi telah beroperasi Tempat Pengelolaan Sampah (Reduce, Reuse, Recycle), yang disingkat menjadi TPS 3R. Gedung yang baru rampung bulan Januari ini, kini telah beroperasi. Meskipun masih dengan perlengkapan seadanya, namun hal tersebut tidak menciutkan semangat para petugas TPS 3R untuk berjibaku menuntaskan permasalahan sampah yang berada di Kelurahan Silae.

“Saat ini, perlengkapannya masih seadanya. Kendaraan operasional yang digunakan untuk mengangkut sampah rumah tangga juga baru satu,” kata bendahara TPS 3R, Nirma, ditemui kemarin (2/2).

Untungnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan juga tinggi. Jadi turut membantu kerja dari petugas. Masyarakat lebih sering membawa sendiri sampahnya ke TPS 3R. Selain memiliki kantor, TPS 3R juga menyediakan tempat pembuangan sampah.

“Masyarakat bisa langsung datang dan buang sampahnya disini,” tambah Nirma.

Kendaraan operasional berupa Kaisar yang hanya 1 buah itu, sangat membantu petugas TPS 3R untuk mengangkut sampah yang tidak sempat dibawa ke TPS 3R.

“Jadwalnya ini Kaisar, hanya 3 kali dalam seminggu. Setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu,” jelasnya.

Untuk mensiasati kendaraan operasional yang kurang, petugas TPS 3R belum mengangkut sampah di seluruh Kelurahan. Untuk saat ini, hanya difokuskan pada kawasan perumahan BTN yang berada di sekitar TPS 3R.

Untuk membantu kebutuhan operasional TPS 3R, setiap keluarga sepakat  untuk membayar 25 ribu/bulan. Biaya yang tidak terlalu besar dibanding manfaat yang didapatkan bagi seluruh masyarakat.

TPS 3R juga memanfaatkan masyarakat sekitar sebagai petugas. Paling tidak sebagai tempat kerja lah bagi yang tidak punya pekerjaan.

“Kita baru punya 3 petugas untuk pengolahan sampah,” ujarnya.

Sampah yang berada di TPS 3R, akan dikelola kembali. Sesuai dengan namanya, Reduce, Reuse, Recycle, maka sampah-sampah yang sudah dibuang tersebut, dikelola kembali. Bahkan bisa jadi jika pengelolaannya bagus, sampah-sampah yang dianggap tidak berguna itu, bisa bernilai ekonomis bila didaur ulang dengan kreatifitas dan inovasi yang baik.

Yang dilakukan di Kelurahan Silae ini, bisa jadi contoh bagi Kelurahan lain serta masyarakat secara keseluruhan, terkait memanfaatkan sampah. **

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.