Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Melihat Layanan Samsat Drive Thru di Samsat Palu

Tak Perlu Antrean, Bawa Kendaraan, STNK dan KTP, Proses Selesai 3 Menit

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Masa Pandemi Covid-19 di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) inovasi yang diluncurkan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulteng dengan program pelayanan Samsat Drive Thru, memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus ikut atrean.

Rony Sandhi/ Kota Palu

Dua bekas kontainer disulap menjadi kantor pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor berjejer di halaman belakang kantor Samsat Palu Jalan RA. Kartini.

Satu kontainer khusus untuk pelayanan pembayaran pajak kendaraan roda dua dan yang satunya lagi untuk pelayanan kendaraan roda empat.

Sementara tampak dua bagian depan dibuatkan jendela sebagai loket untuk pelayanan. Loket pertama adalah loket untuk memeriksa STNK dan KTP sesuai pemilik kendaraan, sementara loket kedua adalah loket untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Didalam ruangan mini pelayanan Samsat Drive Thru ada tiga petugas, satu melayani pengecekan pajak kendaraan bermotor yang hendak dibayar, satu petugas melayani print lembaran pembayaran pajak kendaraan bermotor dan satu petugas bagian juru bayar.

Pantauan Radar Sulteng, tidak terjadi antrean kendaraan mengular, karena pengurusan pembayaran pajak setiap kendaraan dan pemilik kendaraan tidak perlu turun dari kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Tidak lebih dari tiga menit pelayanan pembayaran kendaraan bermotor sudah selesai.

Salah seorang warga yang menggunakan layanan Samsat Drive Thru kepada Radar Sulteng mengaku tidak perlu menunggu lama dan atrean di dalam ruangan. Cukup bawa kendaraan sendiri, bawa STNK dan KTP pemilik kendaraan, tidak perlu turun dari kendaraan. “Tidak lama, hanya sekitar tiga menit sudah selesai bayar pajak kendaraan. Ini pelayanan memudahkan warga pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan bermotornya,” ujar wanita berhijab itu.

Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Kingkin Winisuda melalui Kepala Seksi STNK Samsat Palu, Kompol Sulardi menjelaskan, program ini merupakan inovasi dari Ditlantas Polda Sulteng untuk memudahkan pemilik kendaraan untuk membayar pajak kendaraannya dengan memperhatikan sejumlah syarat pelayanan di loket yang ada.

Yang perlu disiapkan sebagai syarat pelayanan, yakni, KTP, STNK dan BKPB dan jangan lupa membawa kendaraan yang sesuai dengan STNK. “Kami pastikan pelayanan Samsat Drive Thru hanya butuh tiga menit asal semua persyaratan lengkap,” jelas Sulardi.

Menurut Sulardi, untuk pelayanan di masa PPKM Samsat Drive Thru di Samsat Palu, Hari Senin sampai Kamis dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00, hari Jumat buka pukul 09.00 sampai 11.00 dan hari Sabtu buka pukul 09.00 sampai pukul 11.00, hari Minggu libur. “Karena masih PPKM jadi pelayanan sampai pukul 11 sampai 12 siang. Kalau sudah normal kembali bisa diberlakukan buka dari pagi 09.00 sampai sore jam kantor buka,” katanya.

Sulardi menambahkan, program Samsat Drive Thru yang ada di Samsat Palu adalah layanan pertama di wilayah Sulawesi Tengah. Dirlantas sudah mengimbau kepada Samsat lainnya yang di daerah Kabupaten untuk menyesuaikan dengan yang sudah dibuka di Samsat Palu. “Pak Dir sangat mengharapkan Samsat lainnya di daerah-daerah kabupaten sudah ikut membuka layanan Samsat Drive Thru, guna memudahkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” pungkasnya. (**)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.