Mei, Zainal dan Rais Dilantik Jadi Bupati dan Wabup Bangkep

- Periklanan -

Ketua KPU Kabupaten Bangkep M Tamin menyerahkan berita acara hasil pleno penetapan Pasangan Bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Banggai Kepulauan masa bakti 2017 -2022, Zainal Mus dan pasangannya Rais Adam (Zamra). (Foto:Barnabas)

BANGKEP- Pelantikan calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) terpilih periode 2017–2022, Zainal Mus – Rais Adam, akan dijadwalkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sejauh ini, belum bisa dipastikan waktu pelantikan calon kepala daerah keempat Kabupaten Bangkep itu.

Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Bangkep, H Aripin SSos, mengatakan belum bisa memastikan waktu pelantikan Zainal Mus dan Rais Adam. DPRD Bangkep hanya sebatas menyerahkan berkas pengumuman calon Bupati dan Wabup teripilih pada 20 April 2017 lalu. “Berkas kelengkapan sudah diserahkan Biro Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi Sulteng dan telah dibawa ke Mendagri,” ujar Aripin.

- Periklanan -

Sementara beredar kabar, pelantikan kepala daerah hasil Pilkada serentak tahap II tahun 2017, akan dijadwalkan bulan Mei 2017. Soal waktu belum bisa dipastikan. Pasalnya, dikabarkan Presiden secara langsung melantik kepala daerah secara serentak. ” Kalau seperti itu informasinya. Ya saya tidak bisa memastikan,” jelas Aripin.

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Bangkep telah mengumumkan pasangan Calon Bupati dan Wabup Terpilih masa bakti 2017 – 2022 Kabupaten Bangkep, H Zainal Mus – Rais Adam (Zamra), melalui rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Bangkep.

Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, dimana pada pasal 160  ayat (3) disebutkan pengesahan pengangkatan Bupati dan Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilh oleh KPU Kabupaten atau Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten atau Kota kepada Menteri melalui Gubernur.

Selanjutnya, berdasarkan Surat Edaran Mendagri Nomor 100/140 SJ pada 19 Januari 2016 disebutkan DPRD Kabupaten/Kota mengumumkan dalam rapat paripurna istimewa. Berdasarkan Keputusan KPU Bangkep Nomor :  139/ KPU-BANGKEP-024/IV/2017 tentang penyampaian hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Bangkep periode 2017 – 2022 pada Pilkada tahun 2017 atas nama H Zainal Mus dan H Rais Adam ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banggai Kepulauan periode 2017 – 2022. (bar)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.