Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Medio Agustus akan Digelar Job Fair Sulteng

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ilustrasi Job Fair di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah di Jalan Kartini Palu, Jumat (28/4). (foto: Mugni Supardi)

PALU– Job Fair Sulteng 2017, atau pameran peluang pekerjaan, yang  digelar pada 15 – 16 Agustus 2017, dimaksudkan  mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Kegiatan ini dilandaskan dari program penanggulangan pengangguran.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sulteng, Fitriani Lahamado SSos MSi, penyelenggaraan kali ini merupakan yang ketiga kalinya, dengan menggunakan dana APBD I Provinsi Sulteng.  Dengan target merangkul 30 perusahaan yang akan memperkerjakan tenaga kerja melalui Job Fair Sulteng 2017.

“Sebelum ini telah digelar dua kali Job Fair pada tahun 2017. Pertama digelar bulan Maret 2017 dengan nama Job Fair mini. Menggunakan  anggaran luncuran pusat. Penyelenggaraannya terbatas, karena hanya untuk SMK,“ jelas Fitriani kepada Radar Sulteng Rabu (19/7).

Sedangkan kegiatan kedua,  Job Fair Sulteng 2017 digelar bulan Mei 2017  dengan anggaran luncuran pusat dari Kementerian Tenaga Kerja. Selanjutnya yang ketiga, Job Fair Sulteng yang digelar 15–16 Agustus 2017 dengan menggunakan dana  APBD Sulteng.

Dinas  Naker  Sulteng pernah menggelar Job Fair pada tahun 2016 lalu, dengan anggaran APBD Sulteng 2016. Job Fair menargetkan akan mengurangi pengangguran di Sulteng. Terutama para pemuda yang baru menamatkan sekolahnya, baik SMK maupun S1 (sarjana berbagai jurusan). “Tujuan Job Fair ini pada prinsipnya untuk mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja, “ bebernya.

Setelah rekrutmen, di mana Dinas Naker Sulteng sebagai mediator yang mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja akan melakukan evaluasi terhadap hasil rekrutmen tenaga kerja ke perusahaan yang mengikuti Job Fair tersebut.

Di Job Fair nanti, setiap perusahaan akan melaporkan lowongan kerja, yakni lowongan kerja apa saja yang tersedia di perusahaan.  “Untuk menyukseskannya, beberapa staf di Dinas Naker Sulteng  akan turun lapangan dengan menggunakan tanda pengenal khusus (surat tugas), guna mencari perusahaan yang akan membuka berbagai lowongan kerja,“ pungkasnya. (mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.