Matt Wright Kerahkan Seluruh Tenaga untuk Selamatkan B3

- Periklanan -

PALU – Ahli buaya asal Australia, Matt Wright, betul-betul mengeluarkan seluruh tenaga dan cara agar bisa menangkap Buaya Berkalung Ban (B3) dan melepaskan jeratan ban sepeda motor dari leher reptil tersebut. Minggu (16/2) pukul 02.00 wita, Matt Wright dan Oktovianus Sene petugas BKSDA NTT berjibaku dengan B3 di delta muara sungai Palu hingga Teluk Palu.

B3 yang sudah terlihat berjemur dari pukul 24.00 wita Sabtu (15/2) ini memang tak beranjak dari daratan, posisi sungai saat itu juga sedang surut. Tim Satgas Penanganan Satwa memantau pergerakan B3 sejak sore hari. Puncaknya Minggu dini hari, dua harpun atau tombak diarahkan ke tubuh B3. Sekejap saja B3 langsung masuk ke dalam air menuju Teluk Palu.

Matt memutuskan untuk memakai perahu karet milik Polairud Polda Sulteng untuk mengejar B3 di Teluk Palu. Aksi kejar-kejaran ini cukup berlangsung satu jam. Matt juga sudah menandai B3 dengan pelampung yang tersambung dengan tali, sehingga tak kehilangan jejak B3 meski berada di Teluk Palu. Meski dikejar terus menerus, B3 tak mengalah, meskipun harpun sempat diarahkan ke B3 saat di Teluk Palu. Beberapa saat kemudian, pelampung yang penanda tadi tersangkut di pukat nelayan dan terputus. Setelah itu B3 sudah tidak terlihat lagi.

“Alhamdullilah kita bisa dapat sasaran, meskipun keberuntungan belum memihak kepada kami,” kata Ketua Satgas Penanganan Satwa sekaligus Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sulteng, Haruna kepada awak media.

- Periklanan -

Menurut Haruna, harpun yang sudah tertancap di tubuh B3 terlepas setelah pelampungnya tersangkut pada pukat nelayan. Padahal kata dia, kemajuan tim sudah sangat terbilang sangat baik, karena harpun itu sudah tertancap pada tubuh B3. “Saat harpun itu terlilit dipukat, B3 memberontok dan memaksa melepas, harpun itu tidak bisa menahan berat B3 sehingga terlepas, B3 kehilangan jejak,” jelasnya.

Matt Wright yang ditransletkan oleh, Rino, salah seorang Tim Satgas, menambahkan posisinya dengan B3 saat itu memang sudah sangat dekat, tetapi memang butuh kesebaran lebih untuk misi ini. Dia juga sudah menyiapkan dua perangkap di delta muara sungai Palu, yang diharapkan jika saat air pasang B3 bisa mampir ke perangkap. “Kita akan mulai dari awal, kita kejar tidak ada kata capek dengan Tim dan Matt, kita kejar terus karena sudah sangat dekat dengan target,” kata Rino.

Semua perangkat yang dipasang  oleh Matt diakuinya bisa mungkin terkena B3. Meskipun ada banyak buaya di muara, tim dan Matt akan terus memasang perangkap meski nantinya perangkap itu dimakan oleh buaya lain. “B3 ini selalu muncul dari balik delta muara ini, semoga saja dia memakan perangkap ini, karena perangkap B3 yang dipasang di delta Muara lebih baik ketimbang harpun yang mudah terlepas dari B3,” jelasnya.

Izin dari Matt Wright sendiri diperpanjang hingga Selasa (18/2) dari yang sebelumnya berakhir pada Sabtu (15/2). Jika Matt nantinya tidak berhasil, BKSDA mengakui akan tetap melanjutkan misi penyelamatan B3. Masyarakat juga diminta agar tidak terlalu mendekat atau berteriak saat Matt dan tim beraksi, karena B3 bisa terusik dengan suara. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.