Masyarakat Harap Akses Jalan Lindu Diperbaiki

- Periklanan -

Kondisi jalan menuju ke dataran Lindu yang membutuhkan penanganan segera dari Pemda. (Foto: Ezra)

SIGI-Akses jalan dari Dusun Sadaunta Desa Namo Kecamatan Kulawi menuruju ke Kecamatan Lindu, sampai saat ini masih diharapkan masyarakat untuk diperbaiki. Pasalnya sejak dibuka pada Tahun 2012 sampai saat ini, akses jalan menuju Kecamatn Lindu belum juga mendapat perhatian khusus oleh Pemerintah Daerah.

Pembukaan akses jalan menuju Kecamatan Lindu ini pun nanti terbuka, ketika terjadi gempa hebat pada tahun tersebut. Kini akses menuju ke Lindu ini pun sudah sangat sulit untuk dilalui, ditambah lagi tanah yang labil ditambaah dengan curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut membuat sering terjadinya longsor, dan menutup akses jalan keluar masuk wilayah Lindu.

Bahkan berdasarkan pantauan Radar Sulteng, akibat sulitnya akses menuju Lindu masyarakat yang mengalami sakit berat dan perlu dibawa ke rumah sakit, dengan terpaksa harus ditandu dari Lindu menuju ke Dusun Sadaunta untuk kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat.

“Dulu sudah pernah jalan menuju ke lindu sudah bisa dilalui mobil, namun akibat sering terjadinya longsor di sejumlah titik jalan, membuat jalan menyempit dan sulit untuk dilalui kembali oleh kendaraan roda empat,” jelas Camat Lindu Achim Pampow.

- Periklanan -

Akibat akses jalan ini tidak hanya membuat kesulitan saat mengantar orang sakit saja, namun ini juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat di Kecamatan Lindu. Bahkan untuk pendapatan desa juga ikut mengalami kesulintan, karena seperti yang diketahui Kecamatan Lindu memiliki objek wisata yang sangat besar, terutama daya tarik Danau Lindu.

“Kalau jalan ini sudah diperbaiki pasti akan memudahkan wisatawan untuk masuk ke Lindu. Ditambah lagi tahun depan akan digelar kembali Festival Danau Lindu. Olehnya saat ini pemerintahmasih mengupayakan anggaran untuk memperbaiki dan memperluas jalan,” terangnya.

Sementara itu juga, Camat Lindu mengaku masyarakat di Lindu perlu berbahagia, pasalnya pada tahun 2018 nanti masyarakat sudah bisa menikmati listrik di setiap rumah-rumah warga. Karena Camat sudah meminta kepada PLN dan permintaan itu disetujui PLN yang mana kemudian pada Desember nanti PLN akan secara bertahap akan memasang tiang-tiang penyangga kabel aliran listrik masuk ke Lindu.

Karena itu Achim sangat berharap akses jalan ini bisa dengan segera dirampungkan. Karena menurut Camat semua itu harus didukung dengan akses jalan, kalau akses jalan sulit maka akan membuat kesulitan pula bagi pihak PLN dalam mengangkut tiang-tiang listrik tersebut.

“Saat ini masyarakat masih menggunakan tenaga listrik dari panel tenaga surya. Bahkan ada juga yang menggunakan genset. Namun masyarakat juga mengalami kesulitan dimana karena aki dari panel tenaga surya kecil, dan apabila terlalu sering memakai genset, sementara pendapatan masyarakat masih sangat sedikit. Sehingga saya mempunyai harapan besar dengan masuknya tenaga listrik dari PLN ke Lindu,” pungkasnya.(ndr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.