Masa Berlaku Habis, E-KTP Tetap Berlaku

- Periklanan -

Ilustrasi. (Foto: Mugni Supardi)

PALU- Hingga saat ini masih banyak warga yang bingung dengan masa berlaku Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, Burhan Toampo mengungkapkan, banyak warga yang datang ke kantor Disdukcapil untuk memperpanjang e-KTP. Rata-rata pemohon itu mengantongi e-KTP yang dicetak awal dengan mencantumkan masa berlaku 2017.

“Hampir setiap hari pasti ada yang datang untuk memperpanjang e-KTP, padahal e-KTP itu tetap berlaku walaupun masa aktif sudah habis,” ujarnya kemarin (5/9).

- Periklanan -

Dijelaskannya, masa berlaku e-KTP tersebut telah diubah menjadi berlaku seumur hidup. Hal ini kata Kadis, mengacu pada dua surat edaran yang telah diterbitkan pada 29 Januari 2016 terkait dengan masa berlaku e-KTP seumur hidup.

Pertama, surat edaran nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP elektronik berlaku seumur hidup, ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian.

Kedua, surat edaran nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP elektronik (KTP-el) berlaku seumur hidup, ditujukan kepada para gubernur dan bupati/wali kota seluruh Indonesia.

Surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut atas berlakunya Undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. “Hal ini telah kami sosialisasikan terus menerus kepada masyarakat, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum tahu karena minum informasi,” terangnya. (jcc)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.