Mari Bikin Keren Kota Palu, dan Hijaukan Kota Palu

- Periklanan -

PALU-Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Yusuf Lakaseng, melihat adanya kebersahajaan dalam kontestasi menjelang Pilkada 2020, khususnya di Kota Palu sebagai ibukota dari Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Menurutnya, beberapa bakal calon (Balon) Walikota Palu yang kini sudah melakukan berbagai upaya sosialisasi memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang petarung, ada yang berasal dari keluarga politisi, petahana, dan berasal dari aktivis lingkungan.

Namun demikian, Yusuf hanya ingin membahas sorotannya kepada salah satu balon Walikota Palu yakni H. Hadiyanto Rasyid. Dikatakannya, bahwa Hadiyanto ini sudah beberapa kali bertarung, semuanya di Pilkada Kota Palu.

“ Kalau tidak salah yah sudah tiga kali, beliau (Hadiyanto Rasyid, red) ini maju mencalonkan diri sebagai calon Walikota dan pernah maju menjadi calon Wakil Walikota waktu itu berpasangan dengan pak Haji Kamil Badrun, “ ujar Yusuf Lakaseng.

Itulah sebabnya mengapa Yusuf menyebut sosok Hadiyanto adalah seorang petarung, selain seorang idealis. Bahkan untuk maju pun dia tidak didanai oleh siapa-siapa, tidak ada orang kuat dibelakangnya.

“Hadiyaknto tidak punya Cukong, tidak punya dana besar, tidak ada orang kuat di belakangnya. Lihat saja dia tidak kaya, tetapi juga tidak miskin. Sederhana, dan dia mau maju, untuk mengabdi sebagai pelayan masyarakat Kota Palu, “ jelas Yusuf.

Dalam konteks kekinian, Hadiyanto Rasyid adalah sebuah solusi untuk mencari figur baru sebagai Walikota Palu periode 2021-2024 (masa jabatan tiga tahun saja, karena Indonesia akan menggelar Pilkada serentak tahun 2004 bersamaan dengan Pilpres dan Pileg).

- Periklanan -

Menurut Yusuf Lakaseng, yang terus berkiprah menjadi pegiat politik sejak gong reformasi ditabuh tahun 1998, Hadiyanto Rasyid sebagai balon Walikota Palu memiliki dua modal besar, yaitu leadership politik dan leadership teknorat. “ Ini dua hal (kompetensi, red) yang ada pada diri pak Hadi, “ sebutnya lagi.

Leadership politik, katanya, Hadiyanto Rasyid memiliki itu, mampu memimpin partai politik dalam hal ini Partai Hanura Provinsi Sulawesi Tengah dengan baik. Memiliki visi kepemimpinan atau leadership politik yang mumpuni, dan pernah menjadi anggota DPRD Kota Palu dan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah.

Sedangkan leadership teknorat, telah dipadukan oleh Hadiyanto Rasyid dalam sikap dan tindaknya sehari-hari hingga menjadi sebuah karakter dalam menghadapi berbagai aktifitas, termasuk didalamnya aktifitas politik.

“Hadiyanto Rasyid punya leadership teknorat, pandai mendesain sebuah kebijakan yang bila digunakan dalam birokrasi maka birokrasi pemerintahan yang dipimpin pak Hadi ini akan baik pula, “ tandasnya.

Sebelumnya dalam sebuah komentar di media sosial (medsos) Facebook, Yusuf Lakaseng mengatakan mari kita bikin keren Kota Palu, kata pak Hadi (Hadiyanto Rasyid) kemarin kepada saya dan bro Jaya Bangun. Tata kembali serta hijaukan kota ini. Bangun kembali ekonomi rakyat, bantu para pegiat UKM, tumbuhkan ekonomi kreatif dari para muda mudi. Efisienkan dan tertibkan birokrasi agar mereka berkarakter melayani.

Bangun pemerintahan yang melayani dan tumbuhkan solidaritas antar warga. Jadikan kota pintar, kota hijau, kota digital, dan kota yang selalu memitigasi bencana.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.