Marak Pencurian Kabel Opstik di Gardu PLN

- Periklanan -

PALU – Masyarakat diimbau segera melaporkan jika melihat hal-hal yang mencurigakan dalam hal pengerjaan perbaikan gardu listrik. Pasalnya, beberapa waktu terakhir marak terjadi pencurian kabel NYY atau kabel opstik pada gardu PLN.
Kepada Radar Sulteng, Manager PLN ULP Palu Kota Sutanto Hamad mengungkapkan, saat ini pencurian kabel opstik pada gardu terjadi sudah hampir sepuluh titik. Atas peristiwa itu, diakuinya telah dilaporkan ke pihak kepolisian.
“Bisa jadi terjadi pemadaman secara mendadak, itu disebabkan karena kabel opstiknya telah dicuri,” ungkap Tanto, sapaan akrab Sutanto Hamad, belum lama ini.
Diakui Tanto, melihat kondisi di lapangan, ada kemungkinan pelaku pencurian tersebut merupakan orang yang paham dalam kelistrikan.
Dari hasil investigasi di lapangan, para pelaku menggunakan modus berpura-pura memperbaiki listrik. Karena kata dia, pernah ada yang pura-pura perbaiki jaringan listrik di gardu PLN, dan berpamitan ke warga. “Selang beberapa waktu ternyata listrik padam dan tak kunjung menyala (laporan warga), setelah kami cek, ternyata kabel opstiknya telah dicuri,” paparnya.
Dia pun menghimbau masyarakat untuk ikut memantau jika ada oknum yang mengatasnamakan PLN dalam melakukan perbaikan. Tanto menekankan, jika petugas resmi PLN dalam melakukan perbaikan dilengkapi dengan identitas seragam rompi dan helm pengaman. Serta menggunakan kendaraan operasional PLN.
“Kalau ada yang mencurigakan, atau tiba-tiba listrik padam, segera hubungi kami atau kantor PLN terdekat,” pungkasnya.(fdl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.