Mantan Kepala Bappeda Pemkot Palu Diperiksa Tipikor Polres

- Periklanan -

Dharma Gunawan (kanan) pada suatu kesemaptan. (@http://thepresidentpostindonesia.com)

PALU – Hampir sepekan terakhir mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu, Dharma Gunawan Mochtar terlihat mondar-mandir di ruangan unit tindak pindana korupsi (Tipikor) Polres Palu.

Selasa siang (28/3), Dharma Gunawan yang mengenakan pakaian dinas ASN warna krem dan kini menjabat sebagai Kepala Dinas  Penataan Ruang dan Pertanahan (DPRP) Kota Palu tampak ikut menuju sebuah musalah di lingkup Polres Palu untuk menunaikan salat dzuhur bersama seorang penyidik Tipikor Polres Palu.

Sumber di Polres Palu menyebutkan, Dharma Gunawan sudah hampir sepekan dilakukan pemeriksaan di unit Tipikor Polres Palu. Pemeriksaan Dharma dilakukan cukup intens kadang dari pagi sampai sore, kadang dari pagi sampai siang. “Kalau diperiksa di Tipikor sudah pasti ada hubungannya dengan dugaan-dugaan korupsi. Hanya saja pak Dharma itu diperiksa sebagai saksi atau apa yang tahu yah bagian Tipikor,” kata sumber yang menolak disebutkan namanya.

- Periklanan -

Masih menurut sumber, dari informasi yang berkembang mantan Kepala Bappeda di zaman kepemimpinan Walikota Palu Rusdy Mastura itu terkait dengan permasalahan anggaran yang ada di Bappeda saat dia (Dharma Gunawan, red) masih menjabat. “Soal pastinya soal dana apa yang diperiksa saya kurang tahu pasti. Coba-coba saja tanya langsung Kasat Reskrim yang pasti lebih tahu,” ujarnya menganjurkan.

Sekitar pukul 14.20 Dharma Gunawan keluar dari ruang unit Tipikor, sambil memegang sejumlah dokumen, menuju arah parkiran kendaraan di halaman Satlantas Polres Palu. Saat ditanya soal pemeriksaan di unit Tipikor, Dharma mengaku diperiksa Tipikor terkait adanya laporan masyarakat. “Biasa ada laporan masyarakat,” katanya tanpa menyebutkan terkait laporan apa.

Ditanya apakah status pemeriksaannya? Dharma dengan ramah menjawab dia diperiksa sebagai saksi. “Mohon doanya, Insya Allah hasil pemeriksaannya berjalan baik-baik saja,” ujarnya sembari pamit dan berlalu.

Sementara terkait pemeriksaan pejabat salah seorang Pemkot Palu itu Radar Sulteng belum mendapat penjelasan resmi dari Polres Palu terkait kasus apa yang melibatkan Dharma Gunawan. Melalui Kepala Urusan (Kaur) Hubungan Masyarakat (Humas), Bripka Kadek Aruna, yang mencoba menghubungi via ponsel Kasat Reskrim AKP Willian Hervansah belum bisa memberikan penjelasan.

“Sementara dari penjelasan Kasat Reskrim, pemeriksaan salah seorang pejabat Pemkot Palu itu sifatnya masih koordinasi. Belum ada laporan dari masyarakat. Jadi belum ditahu dia (Dharma Gunawan, red) diperiksa sebagai saksi atau apa,” ujar Kadek mengutip penyataan Kasat Reskrim. (ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.