alexametrics Manfaat Musyawarah IKA FISIP Untad bagi Pengembangan Alumni – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Manfaat Musyawarah IKA FISIP Untad bagi Pengembangan Alumni

Oleh : Sudirman K. Udja *)

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

DALAM perspektif kuantitatif sejumlah alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) Palu, yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tengah bahkan di seluruh Indonesia merupakan potensi pembangunan masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia.

Para alumni FISIP Untad tersebut meninggalkan kampus sebagai ibu kandung yang telah melahirkan mereka sejak lama. Ada alumni yang lulus dari FISIP Untad pada tahun 70-an, ada yang meninggalkan kampusnya sejak tahun 80-an, 90-an dan ada yang baru 20 tahun, 10 tahun, 5 tahun bahkan ada yang lulus baru setahun atau sebulan yang lalu.

Kondisi rill ini menunjukkan bahwa FISIP Untad sebagai ibu kandung para alumni senantiasa dan setiap saat melahirkan kader-keder bangsa yang berkualitas. Hal ini tidak dapat dipungkiri, karena tidak sedikit alumni FISIP Untad yang telah berhasil dalam bidang politik, pemerintahan bahkan di bidang kewirausahaan.

Sebut saja nama Kasman Lasa, yang telah menduduki jabatan Bupati Donggala 2 (dua) periode, Muh. Irwan Lapata, sebagai Bupati Kabupaten Sigi 2 (dua) periode. Di lembaga legislatif ada H. Muharam Nurdin yang telah beberapa periode menjadi legislator yang tangguh dan berintegritas. Sebelumnya ada Murad Nasir (almarhum), ada Yahya R. Kibi, Tofan Samudin dan lain-lain.

Di bidang birokrasi pemerintahan juga alumni FISIP sejak puluhan tahun yang lalu banyak yang berperan penting, kita ingat nama-nama seperti Arif Lamaka, Hamid Lakuntu, Salum Kawandaud dan lain-lain. Sekarang ini alumni FISIP yang masih aktif di birokrasi pemerintahan seperti Dra. Hj. Hasbiah, M.Si, sebagai Kepala Dinas (Kadis) Sosial Provinsi Sulawesi Tengah. Di birokrasi pemerintahan Kota Palu juga alumni FISIP Untad banyak yang memegang jabatan dan peran yang sangat penting. Ingat saja mantan Walikota Palu Dr. Muh. Hidayat, M.Si, dan sekarang ini masih ada alumni FISIP Untad yang berkiprah di birokrasi pemerintahan seperti H. Ansyar Setiadi, S.Sos., M.Si, sebagai Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu, Drs. Sudaryano Lamangkona, M.Si, sebagai Kadis Pemadam Kebakaran Kota Palu, dan masih banyak lainnya yang penulis tidak sempat sebutkan satu persatu.

Di internal Untad, alumni FISIP juga banyak yang telah memberikan andilnya terhadap pengembangan universitas sejak Untad berdiri pada tahun 1963, ingat saja nama H. Rusdy Toana (almarhum), H. Basir Toana (almarhum), Indokote Tandjongkara (almarhum) dan lain-lain.

Pada periode sekarang ini, alumni FISIP yang turut serta berperan dalam mengembangkan Untad juga tidak sedikit, mulai dari tenaga kependidikan hingga tenaga administrasi. Ditingkat universitas peran Prof. Dr. Muh. Nur Ali, M.Si, tidak diragukan lagi, karena beliau sekarang ini sedang menduduki jabatan tugas tambahan sebagai Wakil Rektor (Warek) Bidang Umum dan Keuangan. Demikian pula di tingkat fakultas sebagian besar dosen FISIP adalah alumni dari FISIP Untad.

Para alumni FISIP Untad yang demikian besar jumlahnya, melalui kelembagaan Ikatan Alumni (IKA) FISIP Untad akan diundang dalam acara Musyawah Komisariat (Muskom) IKA FISIP Untad yang akan berlangsung pada hari Rabu 16 Maret 2022 di gedung Sriti Convention Hall Kota Palu.

Dalam musyawarah ini selain membicarakan agenda rutin kelembagaan, juga para alumni akan membahas berbagai hal khususnya hal-hal yang terkait dengan fenomena pembangunan yang ada di daerah ini, terutama kondisi pasca bencana. Hasil dari diskusi dan pembahasan akan menjadi bahan rekomendasi kelembagaan kepada berbagai pihak yang terkait.

Dalam acara ini selain dihadiri oleh para alumni FISIP Untad, juga akan hadir Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Tadulako dan pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako.

Dalam acara ini direncanakan selain membahas tata tertib musyawarah, juga pengurus periode sebelumnya akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepengurusan. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah perumusan program periode akan datang, rumusan rekomendasi kelembagaan, dan akan memilih calon Ketua Umum IKA (Ketum) FISIP Untad periode 2022-2026.

*) Penulis adalah alumni FISIP dan dosen Untad.

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.