MAN Insan Cendekia Uji Prestasi Lagi

Bertarung di Ajang Penelitian Ilmiah Nasional

- Periklanan -

PALU–Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Incan Cendekia Kota Palu, kembali masuk final di ajang Youth National Science Fair (YNSF) 2019. Sebuah ajang penelitian ilmiah yang selalu digelar Indonesia Young Scientis Association (IYSA) setiap tahunnya.

Kepada Radar Sulteng, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Palu, Soim Anwar SPd MPd, menjelaskan mengenai keikutsertaan siswanya di YNSF tahun ini. Pada awalnya pihaknya mengajukan proposal penelitian ilmiah dan ternayata diterima oleh panitia dari YNSF dan dinyatakan masuk final.

“ MAN Insan Cendekia Palu lolos di tingkat nasional dalam ajang Youth National Sciense Fair 2019, “ kata Soim Anwar.

Dijelaskan Soim Anwar, siswa MAN Cendekia Kota Palu akan mengikuti lomba penelitian di YNSF itu dengan judul penelitian “Aktivitas anti bakteri ekstrak etanol daur jarak merah (jatropha gossypifolla L) terhadap bakteri uji (Escherichia cdi dan Staphylococcus aureus) menggunakan metode sumur difusi”.

- Periklanan -

Informasi dari panitia penyelenggara, bahwa research competition para finalis penilaiannya akan dilaksanakan pada 10-12 Mei 2019 di gedung Gymnasium UPI Bandung Jln. Setiabudi No. 229 Bandung Jawa Barat. Peserta yang dinyatakan lolos wajib melaksanakan uji penelitiannya dalam kurun waktu 2 Maret hingga 2 Mei 2019 nanti, dan mengumpulkan laporan akhir selambat-lambatnya 5 Mei 2019 pukul 12.00 WIB.

“ Adapun nama kelompok peneliti dari siswa MAN Insan Cendekia Kota Palu adalah Cendekia’s, dengan ketua kelompoknya Mohammad Taufiqurahman, “ terang Soim lagi.

Sementara itu, mengomentari lolosnya para siswa MAN Insan Cendekia di ajang lomba peneliti muda Indonesia di YNSF tahun ini, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Dr H Rusman Langke MPd, mengapresiasi keikutsertaan para siswa MAN Insan Cendekia Kota Palu di YNSF. Teruslah berjuang untuk mencapai prestasi yang terbaik. MAN Insan Cendekia, katanya, walau masih berusia muda baru tiga tahun berkiprah, tetapi telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Selalu mengikuti berbagai lomba, termasuk mengikuti lomba penelitian ilmiah tingkat nasional, dan selalu menjadi yang terbaik.

Semoga prestasi MAN Insan Cendekia Palu akan memberikan motivasi dan inspiratif bagi siswa dan siswi yang ada di Sulteng dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang berkualitas di era globalisasi dan kemajuan sciense yang begitu cepat.

“Harapan saya kepada siswa MAN Insan Cendekia Palu yang lolos agar tetap berlatih. Teruslah mengembangkan bakat terbaikmu anak-anakku sekalian. Capailah prestasi yang gemilang, dan bawalah nama baik daerahmu ini, Sulawesi Tengah di kancah nasional maupun internasional,” pesan Kakanwil.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.