Majelis Pembimbing Gudep Pramuka Pengayoman Rutan Kelas IIB Donggala Dilantik

- Periklanan -

PALU-Majelis Pembimbing Gugus Depan dan Pembina Gudep Gerakan Pramuka Pengayoman Pangkalan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Donggala masa bhakti 2020-2023 dilantik, di aula pertemuan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Petobo Kota Palu, Rabu 23/9).

Pelantikan dan pengukuhan dihadiri oleh Ketua Gerakan Pramuka Cabang (Kwarcab) Donggala, Namrud Mado, beserta jajarannya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lilik Sujandi, yang diwakili oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng Sunar Agus, dan sejumlah undangan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Donggala mewakili Kapolres Donggala, Kejaksaan Negeri Donggala Dandim 1306 Donggala, serta Kepala UPT Pemasyarakatan di Kota Palu.

Kepala Rutan Kelas IIB Donggala, H. Safiudin, mengatakan, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan (Warbinpas) Rutan Donggala dalam berbangsa dan bernegara.

“ Pelantikan ini kita laksanakan dalam rangka bagaimana kita dapat membina para warga binaan kita yang sementara ini berada di Rumah Tahanan Negara kelas IIB Donggala, agar mereka pertama, bisa menjadi manusia yang seutuhnya. Kedua, bagaimana mereka bisa menjadi Warga Negara Indonesia dan wawasan kebangsaannya betul-betul NKRI harga mati, “ tegas Safiudin.

- Periklanan -

Selanjutnya, bagaimana mereka ini nanti, sebanyak 240 warga binaan setelah menjadi Pramuka bisa berkontribusi untuk membina sesama temannya, yang notabenenya masuk di Rumah Tahanan Negara adalah didominasi oleh pelaku-pelaku tindak pidana narkoba.

“Nah oleh karena itu, dengan terbentuknya nanti gerakan Pramuka di Rutan ini mereka bisa berkontribusi dari mereka-mereka yang ditunjuk sebagai anggota Pramuka menularkan kesadarannya kepada mereka-mereka yang narkoba. Sehingga mereka bisa menyadari bahwa narkoba itu tidak ada gunanya untuk dikonsumsi, “ paparnya.

Dijelaskan oleh Safiudin, mereka yang dilantik adalah semuanya pegawai Rumah Tahanan Kelas IIB Donggala sebanyak 40 orang, yang terbagi dua. Ada Majelis Pembimbing Gugus Depan, dan ada yang menjadi Pengurus Gudep Gerakan Pramuka Rumah Tahanan Kelas IIB.

“ Saya tadi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Gudep Donggala, “ pungkasnya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.