Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Mahasiswa KKN/PPM Untad Kembangkan Sayuran Organik di Donggala

Manfaatkan Lahan di Desa Kabonga Besar dan Kabonga Kecil

DONGGALA-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Tadulako (Untad) yang berlokasi di Desa Kabonga Besar dan Kabonga Kecil Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir melalui pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya sayuran secara organik.

Dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat tersebut, mahasiswa KKN-PPM Untad melakukan pelatihan penanaman berbagai jenis tanaman sayuran di lahan pekarangan kepada masyarakat dengan pendekatan/konsep rumah pangan lestari (RPL), yaitu memanfaatkan lahan pakarangan untuk pemenuhan pangan dan gizi masyarakat dengan tetap memperhatikan keasrian halaman rumah.

Sebelum dilakukan penanaman tanaman sayuran, masyarakat juga dilatih mengembangkan pupuk kompos dan pestisida nabati, yang akan digunakan dalam mendukung kegiatan budidaya sayuran.

Mahasiswa yang ber KKN di kedua desa tersebut berjumlah 20 orang, yang marupakan hasil seleksi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untad, berasal dari beberapa fakultas dalam lingkungan Untad. Dengan dosen pembimbing lapangan adalah Dr Ir H Usman Made MP dari Fakultas Pertanian, dan Madinawati SPi MSi dari Fakultas Peternakan dan Perikanan, yang sekaligus juga sebagai tim pelaksana program pengabdian kepada masyarakat dengan Skema KKN-PPM Tahun 2019.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN-PPM selama 2 bulan selain melaksanakan kegiatan inti tersebut, juga melaksanakan berbagai kegiatan penunjang lainnya sesuai hasil kesepakatan dari masyarakat. Pelaksanaan KKN-PPM di Kabupaten Donggala, dilaksanakan melalui pendanaan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, sesuai dengan Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Nomor : 100/SP2H/PPM/DRPM/2019, tanggal 11 Maret 2019.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.