Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

M.Ts Negeri 1 Palu Menuju Adiwiyata Mandiri Tahun 2021

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Setelah meraih prestasi Adiwiyata Nasional di tahun 2018, M.Ts Negeri 1 Kota Palu kembali bergeliat menuju Adiwiyata Mandiri. Mulai dari persiapan pembenahan lingkungan madrasah yang dilakukan oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan pada Sabtu 4 September 2021.

Pembenahan madrasah meliputi perbaikan green house, penataan taman, penataan halaman belakang. Serta, persiapan kelengkapan administrasi atau dokumen Adiwiyata.

“ Madrasah memang harus selalu berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dengan memberikan kesan asri dan sejuk, sehingga peserta didik betah untuk belajar di madrasah, apalagi untuk tahun 2021 ini M Ts Negeri 1 Kota Palu sedang menjalani proses untuk penilaian Adiwiyata Mandiri, “ ungkap Kepala Madrasah (Kamad) M.Ts. Negeri 1 Kota Palu, Hj. Rusdiana, S.Pd., M.Pd.

Kepala MTsN 1 Kota Palu, Hj Rusdiana, mengucapkan rasa syukur atas komitmen besar yang ditunjukkan oleh seluruh Tim Adiwiyata MTsN 1 Kota Palu, diharapkan dengan persiapan yang telah di lakukan akan berhasil meraih Adiwiyata Mandiri dan mewujudkan sekolah yang lebih peduli dan sadar akan kebersihan dan kelestarian lingkungan, memang tidak mudah untuk bisa mencapai jejang adiwiyata, perlu kerjasa sama dan tim, namun melihat program Adiwiyata ini adalah membudayakan nilai positif terhadap lingkungan madrasah.

“ Tanpa Adiwiyata-pun kita pasti harus menerapkan menjaga kebersihan, menghias lingkungan madrasah dengan rupa-rupa tanaman dan mengelola sampah. Hanya saja program Adiwiyata ini harus ada bukti kinerjanya yang dituangkan dalam aplikasi Excel yang telah disediakan, ” ungkap Kamad Hj. Rusdiana.

Sementara itu, Ketua Tim Adiwiyata M.Ts Negeri 1 Kota Palu, Hj. Basriah mengatakan, M.Ts Negeri 1 Kota Palu dalam perjalanannya mengikuti program Adiwiyata sejak tahun 2013 sampai sekarang, banyak sekali dampak positif yang kita hasilkan, mulai dari penghijauan lokasi madrasah, mengembangkan minuman sehat Kembang Telang, kebersihan Kantin, pemanfaatan lahan dan sampah yang ada di lingkuangan madarasah M.Ts negeri 1 Kota Palu.

“ Semua sudah bisa kita kelola dan kita atasi. Karena sekolah atau madrasah tidak hanya tempat untuk belajar mata pelajaran tertentu saja, kita juga perlu memberikan arahan dan pembiasaan siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan kelasnya, membuang sampah dengan benar, dan mengerti cara memanfaatkan sampah yang ada, serta menekan banyaknya volume sampah yang dihasilkan oleh warga madrasah, “ terangnya.

Dikatakannya, program Adiwiyata di madrasah memang sangat bagus untuk dikembangkan, karena madrasah yang mengembangkan program ini, pasti terlihat beda dengan madrasah lainnya.

“ Tujuan dari Adiwiyata ini sebenarnya bukan sebatas dari peringkat nilai yang diberikan, penilaian hanya tolak ukur sejauh mana madrasah meningkatkan kinerja pengembangannya. Namun program penilaian madrasah Adiwiyata memilik beberapa tingkatan, yang pertama Adiwiyata tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, Mandiri, dan Asean, “ jelasnya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.