Lucu tapi Palsu, Sapi Naik Kap BMW

- Periklanan -

FOTO hasil olah digital di luar negeri sering kali mengecoh warganet di tanah air. Misalnya, yang terjadi pada foto seekor sapi jumbo yang gelesotan di atas kap mobil BMW. Banyak netizen yang percaya bahwa sapi itu naik ke atas kap BMW untuk menghangatkan tubuhnya karena udara dingin.

Foto hoax yang disebar di media sosial seakan-akan sapi jumbo itu benar naik di atas mobil BMW. (Foto: Capture Facebook.com)

’’Di Eropa mbah, karena suhu dingin, sapi ini langsung naik ke kap mobil yang baru berhenti (mungkin biar hangat),’’ tulis akun Facebook Esa Rbc. Dia mengaku mendapatkan informasi itu dari penyedia konten Today Line.

- Periklanan -

Bukan hanya akun Esa Rbc, Jawa Pos juga menemukan akun lain yang membagikan foto serupa. Salah satunya, akun Muhammad Iqbal. Dia membagikan foto sapi naik kap mobil dengan tambahan caption, ’’Diduga karena musim dingin, sapi ini berbaring di atas kap mesin mobil yang baru parkir buat menghangatkan tubuh’’.

Akun-akun di atas, tampaknya, perlu lebih rajin minum susu. Agar lebih punya semangat untuk browsing guna memastikan kebenaran dari sebuah foto yang aneh. Sebab, dari pencocokan di Google Image, foto itu ternyata hasil olah digital.

Foto yang sebenarnya, sapi itu sedang bersantai di sebuah rerumputan. Tidak di atas kap mobil. Foto tersebut beredar di luar negeri sejak sekitar 2013. Ada yang menyebarkannya lagi sebagai hoax. Ada juga yang mengunggahnya kembali sebagai lelucon dalam bentuk meme. (gun/c15/fat)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.