Longsoran Tutupi Akses Jalan di Tolitoli Utara

- Periklanan -

PENYEMPITAN JALAN : Tampak material longsoran yang menutupi hampir seluruh badan jalan di Desa Diule Kecamatan Tolitoli Utara. Sempat menutup akses jalan, namun karena telah dibersihkan warga, jalan kembali terbuka. (Foto: YuslinAnwar)

TOLITOLI-Tumpukan material longsor di jalan trans Sulawesi, tepatnya di kawasan Desa Diule, Kecamatan Tolitoli Utara, mengganggu pengguna jalan. Jika tidak berhati-hati material longsoran yang menutupi hampir seluruh badan jalan tersebut bisa menciptakan kecelakaan.

Pantauan Radar Sulteng di lapangan, Minggu (26/2), material longsor berupa batuan cadas dan tanah gunung yang jatuh dari bagian atas tebing ke tepi jalan cukup banyak, sehingga badan jalan mengalami penyempitan.

- Periklanan -

Riswan (45) warga Desa Diule mengatakan, jalan ini mengalami longsor pada Kamis (23/2) lalu, saat hujan cukup deras melanda kawasan tersebut sekitar 6 jam lamanya. Material longsor cukup banyak karena bercampur kayu pohon dan bebatuan, namun warga sekitar bergotong-royong membersihkannya.

“Sekitar pukul 07.00 wita saya lewat disini, belum tertutup. Tepi, begitu saya balik, sekitar pukul 09.00 wita jalan ini sudah tertutup seluruhnya. Ini disebabkan hujan deras turun sejak jam 06.00 wita sampai 12.00 wita. Jadi, kalau tidak cepat diangkat, kami warga di sini sangat mengkhawatirkannya, akan terjadi kecelakaan. Kita minta aparat terkait agar segera membersihkannya,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Marlan seorang sopir angkutan. Ia meminta pihak terkait segera mengangkat material longsor tersebut karena sangat mengganggu pengguna jalan. Disebutkan, material longsor sudah cukup lama menutupi, dan hampir delapan hari belum diangkat.

Amatan media ini, longsor tidak hanya terjadi di kawasan bukit Diule, namun di beberapa desa seperti Dusun Ambotuban Desa Santigi, Desa Pinjan, Kapas dan Lingadan, manun di beberapa kawasan tersebut longsoran tidak sampai menutup badan jalan.(yus)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.