Longsoran di Desa Domag dan Lonu Buol Belum Digusur

- Periklanan -

Kendaraan roda empat berusaha melewati material longsoran yang hingga kini belum digusur di Desa Domag, Buol, Minggu (16/4). (Foto: Rustam Baculu)

BUOL – Pasca hujan deras yang mengguyur kabupaten Buol awal tahun 2017 mengakibatkan beberapa titik gunung mengalami longsor menutupi ruas jalan trasnsulawesi, di kecamatan Bunobogu tepatnya di desa Domag berbatasan dengan desa Lonu.

Kurang lebih 6 titik longsor  yang sudah memasuki kurun 4 bulan sejak terjadinya musibah itu, belum ada perhatian dari pemerintah setempat untuk melakukan penggusuran material kayu dan batu yang berserakan di jalan.

”Kami amati kondisi longsor yang menutupi badan jalan sudah cukup parah, licin dan berbahaya bagi masyarakat pengendara utamanya mobil,”ungkap Edo, warga Bunobogu, Minggu (16/4)

- Periklanan -

Dikatannya fasilitas jalan transulawesi yang merupakan urat nadi masyarakat untuk bepergian dari dan masuk ke Kabupaten Buol.  Di titik longsor itu sangat berbahaya, sebab posisi gunung yang longsor menutupi aspal sehingga beberapa kali kendaraan roda empat nyaris jatuh ke jurang yang dalam.

”Kami mohon jalan ini supaya segera diperhatikan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diingkan menimpa pengendara setiap harinya.”ujar Edo di sahuti warg lainnya

Sementara itu camat Bunobogu Husen Riuh mengatakan sudah berulang kali melaporkan kejaian itu kepada pemerintah kabupaten, namun hingga saat ini belum direspon.

Di jelaskanya jalan transulawsi yang merupakan kewanangan provinsi di khawatirkan jika pemangku kebijakan lambat mengambil langka-langka penggusuran tentu dampaknya pada pengguna jalan serta arus ekonomi masyarakat lamban terutama petani dan nelayan yang akan menjual hasil produksinya ke pasar walaupun belum ada korban berjatuhan harus segera di tangani.

”Kami berharap agar segera dilakukan penggusuran supaya roda ekonomi masyarakat dan aktifitas kendaraan  di jalan lancar,” demikian Husen.(tam)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.