Longsor Duamayo di Buol Tutup Akses Jalan

- Periklanan -

LONGSOR : Longsor menutupi badan jalan di Desa Duamayo Kecamatan Bokat, Kab. Buol. (Fto: Rustam Baculu)

BUOL-Musibah bencana banjir yang melanda Kabupaten Buol setelah diguyur hujan beberapa hari lalu, mengakibatkan kerusakan yang cukup serius pada desa-desa yang tergenang air.

Saat ini, satu desa di Kecamatan Bokat yaitu Desa Duamayo yang berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Buol masih terisolir, karena fasilitas jalan yang menghubungkan Desa Bokat IV dan desa-desa tetangga tertutup tanah longsor yang bercampur material kayu dan bebantuan.

- Periklanan -

”Sudah empat hari kami masyarakat di Duamayo sulit menempuh desa-desa lain, karena beberapa titik gunung longsor menutupi jalan raya, ”ungkap Hamad, tokoh masyarakat Desa Duamayo, pada Radar Sulteng, Senin (26/2).

Dia mengatakan longsor yang menimpa jalan terdapat di dua titik masing-masing panjang sekira 50 meter, masyarakat yang bepergian hanya bisa melewati jalan tersebut, kecuali jalan kaki. Untuk kendaraan roda empat sama sekali tidak tembus, sebab gunung yang longsor membawa sendimen bercampur lumpur dan bebatuan serta kayu melintang di jalan, kecuali kendaraan roda dua yang estra hati-hati menepi di pinggir jurang untuk bisa lolos.

Selain itu sebut Hamad, longsor juga menimpa dua tiang listrik yang sudah berdiri setelah dipasang pekan lalu, fasiltas jalan yang merupakan urat nadi warga petani membawa hasil panen kepasar setiap hari terpaksa belum lancar sambil menunggu bantuan alat berat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol untuk melakukan penggusuran jalan.

”Kami minta Kadis PU Supangat untuk segera melakukan langkah-langkah penggusuran jalan, karena dikhawatirkan longsor berikut akan lebih parah lagi menerpa jalan, sehingga semakin sulit masyarakat untuk beraktifitas terutama petani, ”tandas Hamad, disahuti warga lainnya.(tam)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.