Lima Titik Akses Jalan di Sulteng Terputus

- Periklanan -

PALU – Hujan yang melanda beberapa daerah Kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) sejak Minggu (28/4) hingga Senin (29/4) menyebabkan beberapa daerah mengalami banjir bandang. Selain menerjang pemukiman warga dan terparah di Kecamatan Dolo Selatan dan Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi sejumlah akses jalan di lima kabupaten di Sulteng terputus diterjang banjir bandang.
Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. H. Syaifullah Djafar, MS.i dikonfirmasi Radar Sulteng, Senin sore (29/4) membenarkan,ruas jalan di beberapa kabupaten, saat ini aksesnya terputus. “Dari laporan tim Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi di lapangan ada beberapa ruas jalan provinsi di kabupaten yang terputus,” ujarnya.
Syaifullah mengungkapkan, beberapa daerah kabupaten seperti di Kabupaten Buol yakni di oprit jembatan air terang, pada ruas Jalan Momunu-Air Terang putus akibat diterjang banjir. Selain itu juga di Kabupaten Morowali Utara pada ruas Jalan Malino-Sumara Jaya. Kemudian, di Kabupaten Banggai pada ruas Jalan Pangkalaseang-Balantak. Kemudian di kabupaten Poso pada ruas jalan Tonusu-Gintu, dan Tonusu-Pendolo. Selanjutnya, di kabupaten Sigi terdapat pada ruas Jalan Kalawara-Kulawi, tepatnya di titik Desa Omu, Desa Tuva, Desa Salua, kemudian juga pada ruas jalan yang menghubungkan Palupi-Bangga di Desa Bangga. “Tim dari Bina Marga sedang melakukan langkah penanganan darurat, untuk menormalkan akses yang terputus,” kata Syaifulah Djafar.
Khusus untuk ruas jalan di wilayah Kabupaten Sigi, kata Syaifulah yang terputus akibat diterjang banjir, kedepan memerlukan penanganan lintas instansi, dimana memerlukan penanganan Sungai oleh Balai Wilayah Sungai, dan penanganan jalan-jalan lokal oleh pemkab Sigi. “Tim Bina Marga sedang melakukan upaya-upaya penanganan di titik-titik yang jalurnya terputus,” ujar Syaifullah. (ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.