Lima Provinsi Ikut Kursus Wasit Futsal Level Nasional

- Periklanan -

Instruktur wasit, Yuli Suratno (tengah) berpose bersama dengan Sekum KONI Sulteng, Sekum Asprov Sulteng, Sekkot Palu, Sekum AFP Sulteng dan panitia pelaksana, Senin (10/7). (Foto: Sugianto)

PALU – Sebanyak 46 peserta mengikuti kursus wasit futsal level nasional dan level daerah yang dilaksanakan Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang berlangsung di Citra Mulia Hotel Kota Palu, Senin (10/7) kemarin.

Dari 46 peserta tersebut berasal dari lima provinsi yakni tuan rumah Sulteng, Sulsel, Sultra, Sulbar, dan Kalimantan Timur. Sementara instruktur yang didatangkan juga wasit nasional/FIFA Yuli Suratno.

Ketua AFP Sulteng, Efraim Musa mengatakan kursus wasit level nasional dan daerah ini merupakan kali pertama digelar oleh AFP Sulteng dan ternyata mendapat respons yang luar biasa dari peserta. Bahkan tidak hanya dari Sulteng tapi empat provinsi lainnya.

Menurut Efraim, kursus wasit baik level nasional maupun daerah ini memang merupakan program kerja utama AFP Sulteng, selain itu telah juga dilaksanakan kursus pelatih yang terlaksana dengan sukses.

“Jadi ada dua program utama kita selain kursus pelatih juga wasit. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kualitas SDM perwasitan dan pelatih futsal di Sulteng,” tekan Efraim.

- Periklanan -

Sekretaris Umum KONI Sulteng, HM Syafei Datupalinge SE dalam sambutan singkatnya memberikan apresiasi kepada pengurus AFP Sulteng yang telah membantu program KONI Sulteng dalam ikut meningkatkan kualitas SDM pelaku futsal khususnya bidang perwasitan.

“Kami salut dan tentunya sangat mendukung program AFP Sulteng dalam melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas SDMnya,’’jelasnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Umum Asprov PSSI Sulteng H Kasmuddin Kasim, juga memuji kinerja pengurus AFP Sulteng yang baru dengan melakukan upaya peningkatan kualitas baik di sektor kepelatihan maupun perwasitan.

Kasmuddin juga menyampaikan agar pengurus AFP Sulteng senantiasa  bekerjasama dan membangun sinergi dengan pengurus Asprov Sulteng. “Kita ingin agar AFP Sulteng selalu berkomunikasi dan bersinergi dengan Asprov dalam melakukan kegiatan,’’pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Palu Asri L Sawayah dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan mengaku salut dengan besarnya animo peserta kursus wasit level nasional maupun lokal yang diselenggarakan pengurus AFP Sulteng.

Asri berharap melalui kursus ini bisa mencetak wasit futsal di Sulteng yang berlisensi nasional maupun daerah.

“Ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas wasit futsal di daerah ini. Selama ini juga memang kita kekurangan tenaga wasit khususnya yang berlisensi nasional” tandasnya. (egi)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.