Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Liani Amelia Chandra, Peraih Juara II Kompetisi Poster Tingkat Nasional

Pandemi Bukan Halangan untuk Berprestasi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Masa pandemi Covid-19 saat ini, dimanfaatkan oleh Liani Amelia Chandra (19) untuk terus berprestasi. Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang ini meraih juara II (dua) dalam Kompetisi Poster Publik Tingkat Nasional, yang digelar baru-baru ini.

Gadis kelahiran Kota Palu ini pun, berbagi ceritanya sehingga bisa menjadi juara tingkat nasional, dan membawa harum nama Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sekaligus nama Sulawesi Tengah di tingkat nasional. Kepada Radar Sulteng, alumni SMA Negeri 1 Palu ini bercerita, bahwa dirinya bersaing dengan sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi se Indonesia.

“Awalnya kami ikut mendaftarkan dahulu karya poster kami, kemudian diseleksi secara Daring, dari seluruh peserta dipilih 5 karya terbaik untuk masuk Final, dan Alhamdulillah saya keluar sebagai juara dua,” kata bungsu dari dua bersaudara tersebut.

Adapun materi poster yang dilombakan kata Liani, masih berkaitan dengan pencegahan Covid-19. Di mana lewat poster ini, dia memberikan informasi dari sisi medis bagaimana cara meningkatkan imun di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Apa saja yang diperlukan dan harus dihindari dibahas dalam design poster yang diolahnya secara digital. “Ide konsep kontennya dari saya dan design dibantu oleh teman,” sebut anak pasangan Lionard Chandra dan Suryani Andi Tjella ini.

Dia pun mendeskripsikan poster berjudul “Jaga Daya Tahaun Tubuh Selama AKB? Lakukan Do’s dan Jauhi Don’ts”, yang mengantarkannya menjadi juara dua itu. Disampaikan Liani, bahwa memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru, masyarakat dituntut untuk menaati protokol kesehatan. Namun dalam implementasinya, mematuhi protokol kesehatan itu tidak mudah, sehingga cara efektif lainnya, yakni meningkatkan sistem imun tubuh. “Salah satunya dengan berjemur 10 hingga 15 menit di pagi hari di bawah pukul 10.00 dan tidur 7 hingga 8 jam perhari,” katanya.

Lanjut dia, selain itu, mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak zat besi, seperti kacang merah, buncis dan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan lain sebagainya. Berolahraga rutin juga penting serta menghindari stres berlebihan dan menghindari gorengan mapun daging olahan secara berlebihan. “Juga hindari alkohol, lebih baik minum air putih kurang dari delapan gelas per hari,” sebut Liani, yang kini telah memasuki semester lima Fakultas Kedokteran.

Selama kuliah sendiri, selain memenangi kompetisi poster tingkat nasional ini, Liani juga ternyata pernah menjadi salah satu Delegasi Final Sirriaj International Medical Microbiology, Parasitology dan Immunology Competition 2020 Universitas Mahidol Bangkok, Thailand. Sedangkan semasa duduk di bangku SMA, seabrek prestasi pernah diraih Liani, tidak hanya membanggakan sekolahnya SMA Negeri 1 Palu namun juga membawa harum nama daerah.

Diantaranya, Juara II Pekan Bahasa dan Sastra Siswa SMA, SMK dan MA se Sulawesi Tengah Tahun 2017, Juara II Olimpiade Pahlawan se Sulawesi Tengah Tahun 2017, Siswa Berprestasi Bidang Akademik Tingkat Nasional Tahun 2017, serta pada tahun 2015 Peraih Lima Besar Nilai Tertinggi UN SMP, lulusan SMP Karuna Dipa Palu. (agg)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.