alexametrics Launching Indonesia Mendengar, Balai Nipotowe Salurkan Alat Bantu – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Launching Indonesia Mendengar, Balai Nipotowe Salurkan Alat Bantu

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Balai Nipotowe bersama dengan seluruh Balai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial di seluruh Indonesia mengikuti   launching Indonesia Mendengar melalui virtual yang dilaksanakan secara serentak oleh Kementerian Sosial RI bekerjasama dengan DPR RI, pada Sabtu sore (8/01).

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menjelaskan bahwa konsep diluncurkannya Indonesia Mendengar, yang diikuti dengan peluncuran Indonesia Melihat dan Indonesia Melangkah merupakan upaya responsif penanganan atas banyaknya kasus yang dialami oleh penyandang disabilitas serta memperluas akses informasi dan komunikasi bagi penyandang disabilitas.

Peluncuran Indonesia Mendengar ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Menteri Sosial bersama dengan Wakil Ketua DPR RI Komisi VIII, dan penyerahan alat bantu berupa alat bantu dengar, pluit, handphone, dan Laptop kepada para penyandang disabilitas. Penyerahan alat bantu bertujuan untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari terutama ketika berada dalam kesulitan.
Tri Rismaharini saat menyerahkan alat bantu kepada penyandang disabilitas menjelaskan fungsi alat bantu yang diberikan.

“Klo nanti tidak ada penterjemah, kamu ada dimana saja, kamu bisa mengetahui mendengar apa yang dibicarakan seseorang melaui gadgetmu ini,” ungkap Risma.

Lebih lanjut Risma menjelaskan fungsi pluit yang dapat membantu penyandang disabilitas dalam meminta pertolongan apabila berada dalam keadaan kesulitan atau kondisi yang memerlukan pertolongan.

“Kalau kamu dalam posisi kesulitan, apapun, kamu bisa gunakan pluit itu untuk meminta pertolongan,” jelas Risma. Ia mengatakan bahwa Kementerian Sosial akan terus berupaya untuk mensosialisasikan sehingga semua orang mengerti bahwa tanda pluit yang dibunyikan adalah tanda meminta pertolongan.

Tri Rismaharini berharap melalui konsep Indonesia Mendengar, semua penyandang disabilitas dapat terbantu. “Kami akan mengupayakan semampu kami untuk bisa membantu penyandang disabilitas,”  jelas Risma.

Pada kesempatan itu, Anggota DPR RI Komisi VIII, perwakilan daerah Sulawesi Tengah, Matindas J. Rumambi bersama penyandang disabilitas mengikuti Acara Launcing Indonesia Mendengar secara virtual tersebut di Cafe Inklusi Nipotowe, Palu.

Matindas juga mendapat kesempatan berbincang dengan Menteri Sosial RI dan melaporkan alat bantu dari Balai Nipotowe yang akan diserahkan kepada penyandang disabilitas

“Masyarakat Sulawesi Tengah mengucapkan terimakasih banyak atas perhatian Bu Menteri kepada Balai Nipotowe dan keluarga penyandang disabilitas, tetap sehat Bu Menteri,” kata Matindas saat ditanyakan Menteri Sosial terkait kegiatan launching Indonesia Mendengar di Balai Nipotowe.

“Kami juga berterimakasih diundang oleh Balai Nipotowe mengikuti kegiatan Indonesia Mendengar, dan teman-teman penyandang disabilitas mendapatkan alat bantu tongkat adaptif, kursi roda, alat bantu dengar dan smartphone,” sambung Ilyas, selaku Ketua Pertuni Sulteng dan penerima alat bantu Smartphone pada acara Launching Indonesia Mendengar yang diikuti bersama-sama secara virtual di Cafe Inklusi Nipotowe. (*/lib)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.