Latih Mengolah Sampah Agar Jadi Bernilai Jual

- Periklanan -

PALU–PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggelar pelatihan klasterisasi bisnis tahap 3 untuk pelaku usaha sembako dan warung makan, bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Palu. Pelatihan ini mengangkat tema “Ketika Sampah Menjadi Rupiah” dan diselenggarakan di Hotel Lawahba, Rabu (16/10).

Pelatihan dihadiri oleh nasabah binaan PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) dan PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), serta pelaku UMKM binaan Perindag Kota Palu. Pemimpin PNM Cabang Palu, Zulkarnain Nurdin, menjelaskan, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, baik secara reguler atau kelompok yang berdasarkan pada kesamaan wilayah atau produk.

Pelaksanaan klasterisasi bisnis tahap 3 oleh PNM Cabang Palu merupakan bagian dari program PKU yang diharapkan dapat mengembangkan potensi keterampilan pelaku usaha sembako dan warung makan untuk melakukan daur ulang sampah menjadi suatu produk yang bernilai jual sehingga menambah pendapatan keluarga.

- Periklanan -

Nasabah binaan PNM Cabang Palu, telah mendapatkan pendampingan dan pelatihan sebanyak 2 kali sepanjang tahun ini termasuk mengenai “Penataan Lay Out dan sosialisasi RPK bekerjasama dengan Bulog Kota Palu”pelatihan pertama dan “Perlindungan Terhadap Pelaku Usaha” bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kota Palu Pelatihan yang kedua.

“Pada pelatihan kali ini, hadir sebagai pembicara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu, Syamsul Saefudin dan pelaku UMKM yang berinofasi dalam pengolahan sampah, Hawang. Keduanya menjelaskan materi mengenai bagaimana daur ulang sampah menjadi produk yang bernilai jual serta dapat memberi pendapatan tambahan,” jelasnya.

Zulkarnain Nurdin mengungkapkan, pengolaan sampah yang diajarkan seperti sisa kain perca menjadi Bros dan sampah plastik di olah menjadi bunga yang memberi nilai jual yang tinggi pada saat sudah di rangkai.(umr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.