Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Lanal Palu Siapkan 1.000 Vaksin untuk Warga Morut

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

MORUT-Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu telah menggelar vaksinasi Covid-19 di Kolonodale, Petasia, Morowali Utara. Upaya pencegahan virus tersebut juga menyasar seluruh masyarakat di wilayah Maritim Sulwesi Tengah.

Aksi kemanusiaan oleh Lanal Palu itu mendapat respon dari masyarakat setempat. Ratusan warga nampak mendatangi Pelabuhan Ferry Kolonodale untuk mendapatkan vaksin, Sabtu (4/9).

Seperti di daerah lain, program serbuan vaksin itu dipimpn langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M.Tr.Hanla. Ia didampingi Ketua Jalasenastri Cab 4 Korcab VI Daerah Armada II Christy Normawati Ginting, beserta jajaran Lanal Palu.

Pada pelaksanaannya, tim kesehatan dari Balai Kesehatan Lanal Palu dipimpin oleh Letda Laut (K/W) dr. Wira Nirwana bersama tim kesehatan dari Puskesmas Kolonodale melakukan screening, vaksinasi, dan obeservasi.
Dari 324 orang pendaftar, hanya 318 orang yang bisa menjalani vaksinasi. Dosis satu sebanyak 262 orang dan dosis dua sebanyak 56 orang. Sementara enam orag lainnya ditunda akibat gangguan klinis.

Di sela-sela pelaksanaan vaksinasi, Danlanal Martin menerima kunjungan dari Bupati Morowali Utara DR. dr. Delis Julkarson Hehi MARS bersama Ketua TP PKK Morut Febriyanthi DJ Hehi.

Danlanal menyebutkan serbuan vaksin tersebut dilakukan secara berkelanjutan, dimulai dari vaksin tahap satu sampai dengan dengan tahap ketiga.

Kegiatan itu sudah terlaksana di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, dan Poso. Daerah sasaran berikutnya yaitu Tojo Una-una, Banggai, dan Morowali.

“Sebelum program serbuan vaksin Covid-19 dilaksanakan di Morowali Utara, Lanal TNI AL Palu sudah melaksanaknnya di Palu, Donggala, Parimo, dan Poso,” jelas Martin kepada Radar Suteng di lokasi vaksinasi.

Sesuai instruksi pimpinan TNI, Lanal Palu harus menghabiskan 1.000 dosis vaksin dalam waktu tujuh hari. Vaksin yang dikirim dari Mabes AL itu dititpkan ke Dinas Kesehatan provinsi sebelum disalurkan Lanal Palu.
Sekaitan itu, Danlanal memastikan pihaknya sudah menyiapkan 1.000 dosis untuk masyarakat pesisir Morut.

“Untuk warga Morut kami prioritaskan sebanyak seribu dosis vaksin,” ujarnya.

Danlanal berharap masyarakat makin bertanggungjawab dalam pengamanan diri sendiri dan orang lain dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan demikian upaya pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi benar-benar dapat menurunkan pandemi Covid-19 di nusantara.

“Saya mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protocol kesehatan agar pandemi ini dapat segera teratasi,” tegas Danlanal.

Sementara itu, Bupati menyebutkan Pemkab Morut tidak bisa sendiri dalam mengejar target vaksinasi yang ada. Di sisi lain, keterbatasan kuota memperlambat vaksinasi 102.835 warga Morut yang menjadi sasaran program tersebut.

Sasaran vaksinasi itu terdiri dari 1.458 tenaga kesehatan, 9.523 petugas publik, 12.567 orang lanjut usia, 63.743 orang masyarakat umum dan rentan 2.800 gotong royong, serta 12.744 orang kategori remaja.

“Persoalannya adalah ketersediaan vaksin, karena alokasi untuk pemerintah daerah sangat terbatas. Namun kami tetap kejar target 30 persen dari total sasaran sudah divaksin dalam waktu dekat,” ungkap Delis.

Terlepas dari kendala di atas, Bupati lantas mengapresiasi dukungan TNI Polri, khusunya Lanal Palu melalui serbuan vaksin karena telah membantu pemerintah daerah mengoptimalkan cakupan vaksinasi tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Danlanal Palu beserta jajarannya atas aksi nyata membantu masyarakat melalui serbuan vaksin ini,” sebut Delis.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Morut per tanggal 5 September 2021, vaksinasi tahap satu telah mencapai 22,3 persen atau 22.950 orang dari total sasaran 102.835 orang. Sementara vaksinasi tahap dua baru mencapai 14,4 persen atau sebanyak 14.872 orang tervaksin.

Khusus 1.458 tenaga kesehatan di Morut, penerima vaksin tahap satu sebanyak 1.349 orang atau mencapai 92,5 persen, tahap dua 1.273 atau sebesar 87,3 persen, dan tahap ketiga baru mencapai 32,8 persen atau sebanyak 479 orang.

Sementara di tanggal yang sama, Gugus Tugas Morut juga merilis data konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 344 orang, komulatif positif 2.675 orang, sembuh 2.225 orang, dan meninggal dunia sebanyak 76 orang.(ham)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.