Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Makkah

Jamaah Haji Indonesia Peringati HUT RI di Makkah

MAKKAH – Pada Sabtu (17/8) sekira pukul 09.00 Waktu Arab Saudi, lagu Indonesia Raya berkumandang di Makkah Almukarramah, Arab Saudi. Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 dipusatkan di sektor 8/801, Misfalah, Makkah Almukarramah diikuti ratusan Jamaah Haji asal Indonesia, termasuk jamaah dari Provinsi Sulawesi Tengah. Dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar)/Amirul Haj Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.
Direktur Yayasan Babussalam yang bertindak sebagai salah seorang pendamping Haji Sulawesi Tengah (Sulteng), H Mustamin Umar, melaporkan kepada Radar Sulteng langsung dari Makkah Almukarram, bahwa para jamaah haji Indonesia, seluruhnya, menggunakan batik khasnya masing-masing, dan secara spontanitas membawa bendera dwi warna Merah Putih di tempat upacara. Karena itu, pemandangan yang sangat bersejarah di Kota Makkah, ada dua bendera berkibar saat itu, selain bendera Arab Saudi juga bendera Indonesia.
“Upacara berlangsung hikmat dan penuh keharuan mengingat tanah air. Tetapi para jamaah haji penuh semangat mengikuti semua prosesi peringatan hingga selesai, dan setelah itu kembali ke hotel dan penginapannya masing-masing, “ terang H Mustamin Umar, Minggu (18/8).
Namun yang uniknya, semua menggunakan seragam batik khas haji Indonesia. Hingga pembawa benderanya sendiri (di Indonesia disebut Paskibraka, red) tidak menggunakan baju kebesarannya putih-putih lagi tetapi menggunakan baju batik haji nasional. “Dari pakaian peserta upacara dan pembawa bendera hampir sama semua. Bahkan ada yang pakai batik seragam haji nasional, “ ungkap H Mustamin lagi.
Demikian pula proses upacara yang biasa dilakukan di upacara HUT Republik Indonesia, seperti membacakan teks Proklamasi, yang sudah menjadi tradisi kenegeraaan, dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Makkah, tanah suci umat Islam.
Yang jelas, tambah H Mustamin, ibadah haji tahun ini, sangat pas momennya yang bertepatan dengan peringatan HUT Republik Indonesia ke 74. “ Sangat spesial, HUT Republik Indonesia peringatannya bertepatan dengan ibadah haji tahun ini. Sangat pas momennya, “ pungkas H Mustamin Umar.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.