PALU KOTA

Kuliah Umum, Rektor UIN Datokarama Bocorkan Prodi Baru

MELANGKAH UNTUK PENGEMBANGAN : Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu melaksanakan Kuliah Umum Semester Ganjil tahun akademik 2022/2023, yang digelar di Aula Dakwah, Selasa (6/9) kemarin. FOTO: MUGNI SUPARDI
Dilihat

PALU – Dengan mengangkat tema “Integrasi Ilmu Keinformatikaan dan Kaidah Keislaman Dalam menghadapi Era Baru 5.0”, Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Selasa (6/9) kemarin, melaksanakan Kuliah Umum Semester Ganjil tahun akademik 2022/2023, yang digelar di Aula Dakwah. Kali ini, para mahasiswa UIN Datokarama Palu menerima materi kuliah umum dari Alumnus Doktoral Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni Dr Anita Ahmad Kasim S.Kom, MS.c.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Dr H Sagaf Pettalongi M Pd yang membuka langsung kuliah umum itu mengatakan, narasumber yang dihadirkan pada kuliah umum ini cukup berkompeten dibidangnya yaitu Dr Anita Ahmad Kasim. Kata Sagaf, tema kuliah umum ini tentunya hal yang baru bagi civitas akademika UIN Datokarama Palu dibandingkan dengan tema-tema sebelumnya. Backgroundnya ini salah satunya adalah selain konsep integrasi keilmuan yang memang menjadi distingsi utama UIN Datokarama Palu, pihaknya juga jika tidak ada aral yang melintang akan membuka program studi umum informasi dan informatika.

“Inilah embrio awal, untuk memperkenalkan UIN ini kepada civitas akademika juga sebagai starting poin saya kira, untuk menyampaikan kepada publik bahwa UIN Datokarama Palu sekarang melangkah untuk pengembangan sains dan teknologi, khususnya di bidang informasi dan informatika,” jelas Sagaf Pettalongi.

Kuliah umum sendiri lanjut Sagaf selain untuk menyampaikan kepada civitas akademika bahwa perkuliahan telah dimulai, juga untuk memberikan pencerahan awal tentang isu-isu sains dan teknologi khususnya pada tema kuliah umum kali ini. “Dan dengan begitu maka civitas akademika UIN Datokarama Palu bisa lebih terbuka lagi pemahamannya dan perluas tentang mana konsep-konsep integrasi keilmuwan yang kita bangun selama ini dan menjadi visi memang dari UIN Datokarama Palu,” sebut Sagaf.

Dengan begitu yang pertama Sagaf berharap, agar civitas akademika mendapatkan pencerahan khususnya di bidang informasi dan informatika. Kemudian kuliah umum ini merupakan sosialisasi awal tentang disiplin ilmu sains dan teknologi. “Karena UIN Datokarama Palu sedang mengarah ke sana untuk pembukaan program studi dan tahun depan akan menerima mahasiswa program studi tersebut,” terang Sagaf.

Seiring dengan tema kuliah umum, Dr Anita Ahmad Kasim menjelaskan bahwa terkait dengan materi kuliah umum yang dibawakannya tentang Integrasi Ilmu Keinformatikaan dan Kaidah Keislaman, bahwa sehubungan dengan informatika secara luas akan membahas bidang-bidang yang ada di informatika dan juga sistem informasi. Dan nantinya akan melihat sejauh mana nanti informatika ini berperan dalam perubahan revolusi, baik revolusi industri sampai ke perubahan masyarakat society 5.0.

“Yang pastinya antara Islam dan informatika, sistem informasi itu pada akhirnya akan berujung pada kemaslahatan hidup umat manusia, dimana agama Islam sendiri sebagai agama rahmatan lil alamin, itu nantinya akan ke sana,” sebut Anita Ahmad Kasim.

Dia menambahkan, karena tema di kuliah umum ini tujuannya kedepan sebagai awal pembukaan prodi baru sistem informasi dan informatika yang ada di UIN Datokarama Palu, harapan Anita Kasim kedepan Prodi yang akan dibentuk nanti kurikulumnya, risetnya, bentuk pengabdian kepada masyarakat Tri Dharma Perguruan Tinggi akan mengadopsi nilai-nilai atau kaidah-kaidah keislaman yang ada di UIN Datokarama Palu. “Akan tergambarkan nanti di kurikulum penelitian riset pengabdian kepada masyarakat,” tutupnya.(acm)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.