KSOP Teluk Palu Prakarsai Aksi Bersih Laut

Sekaligus Turut Pecahkan Rekor MURI

- Periklanan -

PALU – Sampah plastik menjadi satu ancaman tersendiri bagi lingkungan. Tidak terkecuali sampah yang mencemari pantai dan laut. Melihat hal tersebut, Dirjen Perhubungan Laut menggelar Aksi Bersih Laut dan Pantai di ratusan pelabuhan di Indonesia.

Tidak ketinggalan, sejumlah pelabuhan di wilayah kerja Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Palu Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, turut menggelar kegiatan serupa, Kamis (12/9) kemarin. Berbagai unsur maritim di wilayah Kota Palu dan Donggala, yakni KSOP, Polair, Lanal Palu, Basarnas, Bea Cukai, Pelindo dan mitra KSOP serta elemen masyarakat, turun dalam aksi serentak ini.

MENYELAM : Para penyelam yang terlibat membersihkan sampah di bawah laut mengabadikan foto underwater. IST

Tidak hanya di pinggiran pantai serta permukaan laut saja, namun aksi ini juga turut melibatkan penyelam untuk membersihkan bawah laut dari sampah-sampah, terutama sampah plastik. Tim Scuba Diving atau tim penyelam ini terdiri dari Polair, Lanal Palu dan Basarnas.

Kepada wartawan, Kepala KSOP Teluk Palu, Letkol (Mar) Abd Rahman mengatakan, kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai itu serentak dilakukan di seluruh Indonesia ini dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang tiap tahun diperingati 17 September. Kegiatan ini dipilih, untuk mengajak masyarakat Indonesia agar bersama membersihkan laut, karena Indonesia tercatat merupakan negara nomor dua penyumbang sampah terbesar di dunia. “Sampah-sampah itu pun yang buang juga masyarakat, dan imbasnya juga ke laut. Apalagi sampah plastik, itu sangat berbahaya,” terangnya.

- Periklanan -

Ini pula yang ingin disuarakan lewat kegiatan ini. Yakni mengajak masyarakat, agar tidak membuang sampah di laut apalagi plastik. Kegiatan ini pun melibatkan sekitar 550 orang dari tiga pelabuhan yang ada di Pantoloan, Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Donggala. “Kegiatan ini juga dicatat oleh Musium Rekor Indonesia (MURI) dan kami dari KSOP Teluk Palu ikut berpartisipasi di dalamnya,” sebut Rahman.

Mekanisme pencatatan oleh MURI sendiri, dilakukan lewat mengirim foto dan video langsung ke akun media sosial milik MURI. Dan Rekor Aksi Bersih Pantai dan Laut dengan melibatkan Pelabuhan berhasil terpecahkan. Tercatat ada sekitar 294 pelabuhan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Sebelum memulai kegiatan ini, Kepala KSOP bersama sejumlah pimpinan unsur maritim, turut membagikan life jaket kepada para nelayan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Tercatat ada 11 perahu nelayan, yang juga ikut serta dalam aksi bersih-bersih Pantai dan Laut bersama sejumlah kapal milik KPLP, Lanal Palu, Polairud dan juga Basarnas Palu.

Tidak hanya aksi bersih pantai dan laut, memeriahkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), turut digelar kegiatan Perhubungan Mengajar di Bandara SIS Aljufri Palu, serta beragam perlombaan olahraga dan menyanyi antar instansi di jajaran Kementerian Perhubungan di daerah ini. (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.