KPU Palu Pastikan Kekuatan dan Keamanan Kotak Suara

- Periklanan -

MUHAKIR
UJI KEKUATAN : Salah seorang anggota KPU Palu, menduduki kotak suara karton di halaman Kantor KPU Palu, kemarin. Kotak suara berbahan berbahan karton double wall akan digunakan pada Pemilu April2019 mendatang.

PALU – Aksi demonstrasi yang membuktikan kekuatan dan keamanan Kotak Suara Karton dilakukan KPU Palu, Rabu (9/1) siang. Melalui uji kekuatan kotak suara karton tersebut, ternyata, kotak berbahan karton double wall itu mampu menahan beban hingga 115 kilogram.
Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid menjelaskan, pihaknya menyosialisasikan alat kelengkapan TPS dan persiapan-persiapan KPU Kota Palu dalam menyambut pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Salah satunya adalah Kotak Suara. Menurutnya, perlu disampaikan kepada masyarakat terkait dengan keamanannya, karena hal itu sempat menjadi perbincangan viral di media sosial.
“Kami menyampikan beberapa hal, KPU Palu tidak hentinya menyosialisasikan terkait dengan tahapan-tahapan. Kita sekarang ini sudah masuk dalam tahapan kampanye, kami kemarin mengundang sejumlah Parpol untuk menyampaikan beberapa hal terkait dengan aturan-aturan yang akan mereka pedomani dalam menjalankan tahapan kampanye tersebut,” ungkapnya.
Terkait dengan ketahanan dan keamanan kotak suara karton kata dia, alat penyegel terbuat dari kabel ties khusus yang terdapat logo KPU dan tulisan tahun 2019. Lanjutnya, kabel ties tersebut sama sekali tidak diperjual-belikan secara bebas di masyarakat.
nantinya, kabel ties akan menjadi pengunci pada beberapa lubang di kotak suara, salah satunya nanti jadi pengunci di lubang pengaman setelah dimasukkan surat suara ke dalam kotak.
“Dan kami sampaikan bahwa ini (kabel ties, red) sangat terbatas, jika ada oknum penyelenggara yang nakal dan membuka tanpa sepengetahuan dari pihak Bawaslu misalnya, maka ini yang menjadi penentu, mereka tidak bisa gunakan sembarang, karena ini jumlahnya terbatas dan hanya sekali pakai, jika sudah dibuka maka otomatis akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya.
Untuk menguji kekuatan kotak suara terhadap beban, pada kesempatan itu juga diperlihatkan kemampuan kotak suara untuk menahan beban berat. Terbukti pada demonstrasi tersebut, salah seorang petugas KPU Palu yang memiliki bobot sekitar 115 kilogram duduk di atas kotak suara karton dan hasilnya tidak merusak sedikit pun kondisi dari kotak suara tersebut.
“Sedangkan untuk surat suara, akan dimasukkan dalam sampul khusus, kemudian disegel dan masukkan dalam plastik dan diikat/disegel, kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara dan disegel dengan kabel ties. Kemudian untuk menghindari air yang berlebih, kotak suara juga akan dibungkus dengan plastik,” tandasnya. (hqr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.