Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

KPU MORUT Terima Rekomendasi PSU

MORUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali Utara memastikan pemungutan suara ulang (PSU) di daerah itu dilaksanakan pada 27 April mendatang.

Penetapan tersebut dikemukakan Ketua KPU Morut Yusri Ibrahim di kantor KPU Morut, Selasa (23/4), menyusul terbitnya surat rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Morowali Utara Nomor 159/K.St.07/Tu.00.01/1V/2019, 21 April lalu.

“Surat rekomendasi PSU itu sudah kami jawab sehari setelah Bawaslu mengirimnya,” ujar Yusri kepada Radar Sulteng.

Yusri menjelaskan, PSU berlaku untuk TPS 02 dan TPS 06 Desa Ganda Ganda, Kecamatan Petasia serta TPS 02 Desa Tomui Karya, Kecamatan Mori Atas. Secara keseluruhan, terdapat 395 TPS menyebar di 122 desa dan 3 kelurahan di wilayah Morut.

“Rekomendasi PSU ini baru dikeluarkan H+4 Pemilu serentak. Sebelumnya kami yakin semuanya berjalan lancar,” tandasnya.

Yusri menyebut PSU disebabkan adanya pemilih menggunakan kartu keluarga, tidak masuk dalam DPT, serta pemilih di bawah umur.

Menurutnya, pelanggaran tersebut tak seharusnya terjadi, jika penyelenggara lapangan lebih jeli menangkal potensi kesalahan itu.

Dari kesalahan ini, ia berharap pelaksanaan PSU maupun Pilkada 2020 nanti dapat berjalan lancar. Ia juga mengimbau para caleg dan masyarakat di wilayah PSU itu dapat saling menjaga demi suksesnya Pemilu kali ini.

“Seharusnya kan dapat dicegah. Sekarang mari kita saling mendukung agar semuanya berakhir sukses,” sebut Yusri.

Ketua Bawaslu Morut Andi Zainuddin tidak berhasil ditemui, namun berdasarkan Surat Rekomendasi Nomor 159/K.St.07/Tu.00.01.IV/2019 disebutkan bahwa rekomendasi PSU tersebut didasari Surat Keputusan (SK) Panwascam Mori Atas Nomor 025/Panwaslu/Kec.MA/IV/2019 dan SK Panwascam Petasia Nomor 004/ST07.01/K.Pm/IV/2019 yang dikirimkan ke PPK dua kecamatan tersebut.

Terpisah, Kepala Kepolisian Resor Morowali Utara AKBP Dadan Wahyudi yang turun meninjau pelaksanaan pleno tingkat kecamatan Petasia di Kolonodale, Senin (22/4) malam, merasa optimis PSU nanti akan berjalan aman dan tertib.

Menurut Kapolres, keyakinannya itu didasari tingkat kedewasaan masyarakat untuk berdemokrasi kini semakin tinggi. Oleh sebab itu, ia memastikan tidak akan menurunkan personel pengamanan berlebihan.

“Tingkat berdemokrasi masyarakat sekarang ini sudah sangat tinggi. Saya yakin PSU nanti akan berjalan aman,” ujar Dadan kepada Radar Sulteng.

Selain tiga TPS di atas, PSU juga berlaku di Desa Kaleroang Kecamatan Bungku Selatan serta Desa Emea dan Umbele Lama Kecamatan Witaponda Kabupaten Morowali.
“PSU di wilayah Morowali itu juga dilaksanakan pada 27 April 2019,” imbuh Dadan. (ham)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.