KPU Minta Backup ke Dinas Kesehatan

Terapkan Protokol Kesehatan di Tiap Tahapan Pilkada 2020

- Periklanan -

TOLITOLI-Tidak hanya KPU dan jajaran penyelenggara hingga di tingkat desa, wajib sukseskan Pilkada serentak 2020. Tetapi, semua stakeholder juga punya tanggungjawab yang sama, terlebih di tengah suasana pandemi Covid-19 saat ini.

Mengingatkan kembali soal “rasa” tanggungjawab ini, KPU Tolitoli mengundang sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Humas Sekkab, Tim Gugus Tugas Covid-19, termasuk Bawaslu Tolitoli dan pihak terkait lainnya duduk satu meja dalam forum koordinasi, Kamis (25/6).

Komisioner KPU Tolitoli, Muhadir, S.Pd.I, mengakui, tugas KPU Tolitoli menghadapi pemilihan serentak 2020 khususnya di tengah pandemi Covid-19, cukup berat. Salah satu tantangannya adalah, harus menjalankan tugas di tengah pandemi dan tatanan kehidupan baru (New Normal), dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2020. 

Instruksinya adalah, semua penyelenggara adhoc agar melaksanakan tugas dengan memerhatikan protokol kesehatan di wilayah kerja masing-masing.
Berkaitan dengan hal tersebut, diakui pula masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh KPU Kabupaten Tolitoli, seperti minimnya pendampingan oleh tenaga kesehatan di kecamatan terhadap beberapa tahapan kegiatan yang dilaksanakan penyelenggara di tingkat kecamatan yakni PPK. Karena itu KPU berharap, Dinas Kesehatan bisa optimal membantu dan mendukung tugas penyelenggara, dengan menyiapkan tim medis pada setiap tahapan Pilkada hingga pada tingkat desa.

“Tugas waktu kerja penyelenggara lebih dari 15 jam, bahkan bisa 24 jam. Karena itu, kami berharap dukungan Dinas Kesehatan, kegiatan atau tahapan baik di kabupaten, kecamatan dan desa didampingi tim medis yang membantu untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” harapnya.

Selain itu, Muhadir juga meminta kepada Dinas Kominfo agar turut serta dalam optimalisasi penyebaran informasi tahapan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Tolitoli.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU Divisi Hukum, Irwan B, menambahkan, sesuai Surat Edaran KPU RI Nomor 20 Tahun 2020, pelaksanaan rapidtest juga perlu kepada Petugas Pemuktahiran Data (PPDP) sebelum mereka melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) ke masyarakat.

- Periklanan -

Irwan juga meminta agar Dinas Kesehatan menfasilitasi pelaksanaan rapidtes bagi penyelenggara pemilihan serentak tahun 2020.

Sementara, I Made Koto Parianto yang juga komisioner KPU Tolitoli Divisi Program dan Data, hanya meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) agar secepatnya melakukan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula.

Menanggapi permintaan KPU terkait pendampingan tim kesehatan pada beberapa tahapan Pilkada, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tolitoli, Anjasmara meminta agar KPU Kabupaten Tolitoli menyampaikan jadwal tahapan kepada Dinas Kesehatan, sehingga Dinkes Tolitoli bisa membagi tugas dalam membantu setiap kegiatan KPU, termasuk di kecamatan dan desa.
.
Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19, Arham A. Jacub, menambahkan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah menghentikan kegiatan rapidtest, sehingga alat rapidtest saat ini tidak tersedia lagi. Karena itu, lanjut Arham, Gugus Tugas menyarankan kepada KPU Kabupaten Tolitoli agar mencari solusi untuk bisa menyiapkan alat rapidtest bagi penyelenggara pemilu secara mandiri. 

Terkait penyebaran informasi tahapan Pilkada 2020, Kepala Bidang E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tolitoli, Herlina, meminta kepada KPU Tolitoli, agar memberikan data dan berkoordinasi terkait informasi apa saja yang dapat dipublikasikan. Ia juga menawarkan kerjasama pengolahan data bagi daerah-daerah yang tidak memiliki jangkauan jaringan internet yang memadai, dengan memanfaatkan jaringan internet yang telah tersedia di sekolah-sekolah dengan kapasitas dan jangkauan yang terbatas.

Masih dalam forum koordinasi, Ketua Bawaslu Tolitoli, Fajar Sadiq menyatakan komitmennya mendukung dan siap membantu KPU Tolitoli dalam melaksanakan semua tahapan Pilkada. 

Ia berharap tidak ada satupun tahapan yang tidak dilaksanakan KPU, agar tidak ada gugatan atau masalah dikemudian hari.

Untuk diketahui, turut hadir dalam rapat koordinasi, Moh. Kadri selaku Plt. Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Bidang (Kabid) Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Tolitoli, Musdar HG, dan perwakilan Muspida.(dni)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.