KPPN Poso Gelar Rapat Koordinasi

Akselerasikan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2019

- Periklanan -

POSO – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Poso (KPPN) Poso menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa Tahun 2019 di Aula KPPN Poso, Jalan Pulau Kalimantan, Kamis (31/1). Rapat koordinasi dihadiri oleh seluruh stakeholders yang berasal dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lingkup wilayah kerja KPPN Poso meliputi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), dan Inspektorat Daerah.
Rapat koordinasi diselenggarakan dalam rangka akselerasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Morowali Utara. Kepala KPPN Poso, Trimo Yulianto memaparkan pentingnya sinergi oleh seluruh stakeholders dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2019.
“Tahun 2019 terdapat perubahan persyaratan penyaluran DAK Fisik dimana dalam setiap tahap penyaluran mewajibkan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat Daerah untuk melakukan reviu atas laporan realisasi dan capaian output yang disusun oleh OPD pelaksana DAK Fisik,” papar Kepala KPPN Poso. Reviu APIP atas laporan realisasi dan capaian output merupakan tindak lanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2016.
Selanjutnya untuk penyaluran Dana Desa, dikatakan Kepala KPPN Poso, mulai bulan Januari 2019 penyaluran Dana Desa sudah dapat dilakukan tergantung pada kesiapan Pemda untuk memenuhi dokumen persyaratan penyaluran tahap I berupa penyampaian Perda APBD tahun anggaran berjalan dan Peraturan Bupati mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap desa. Berdasarkan kelengkapan dokumen, Kabupaten Poso akan memperoleh penyaluran Dana Desa pertama kali di tahun 2019 dan diharapkan mendorong Kabupaten lain untuk segera melengkapi persyaratan penyaluran.
Pada kesempatan rakor kali ini, Kepala KPPN Poso memberikan piagam penghargaan atas kinerja terbaik penyaluran DAK Fisik Tahun 2018 kepada Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, sedangkan piagam penghargaan atas kinerja terbaik penyaluran Dana Desa Tahun 2018 diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Morowali Utara. (*/agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.