Kontrak Pembangunan Tugu Nol Kilometer Berakhir

Sanksi Mengikat, Jika Pengerjaan Tidak Selesai Sesuai Target

- Periklanan -

PALU-Rekanan kerja dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Palu akan dikenai sanksi dan denda, apabila batas masa kontrak pengerjaan proyek Tugu Nol Kilometer sudah berakhir, dan pengerjaannya belum selesai.
Menurut Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PU Kota Palu, Irvan bahwa setiap rekanan kerja atau mitra dari Dinas PU Kota Palu, jika tidak sesuai dengan kontrak kerja awal dalam menyelesaikan pekerjaannya, maka akan dikenai sanksi dan denda.
“Untuk proyek pengerjaan Tugu Nol Kilometer yang sementara dikerjakan oleh mitra kerja PU kota Palu tersebut, akan berakhir pada tanggal 25 Mei 2019. Jika mitra kerja tidak menyelesaikan dalam waktu itu, maka kita akan kenakan denda dan sanksi,” ungkapnya, Minggu (26/5).
Hal ini kata Irvan, sesuai dengan aturan yang tegas, yang berasal dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 tentang penambahan waktu kerja jika telah melewati masa kontrak kerja.
“Di dalam poinnya menjelaskan, pihak rekanan kerja akan diberikan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan fungsi dan manfaat yang dikerjakan. Tetap mendapatkan denda dari keterlambatan kerja,” sebutnya.
Jika nantinya pihak rekanan kerja atau mitra dari PU kota Palu, yang mengerjakan proyek Tugu Nol Kilometer dengan menggunakan anggaran dari APBD kota Palu sebesar Rp 4 Miliar lebih tersebut belum selesai sesuai dengan kontrak kerja awal, maka PU Kota Palu, tetap akan memberlakukan peraturan dari Presiden yang dimaksud.
“Kita akan tegas, dan terus mengontrol dan mengawasi pengerjaan mereka dilapangan. Akan kita lihat jika melewati waktu yang diberikan, sanksi melalui denda per seribu setiap hari dari sisa nilai kontrak yang diberikan,” tuturnya.
Menurutnya, untuk pengerjaan proyek pembangunan Tugu Nol Kilometer yang tepat berada di sekitaran jalan Hasanudin kelurahan Besusu Tengah ini, tinggal pemasangan bola di bagian atasnya lagi.
“Tinggal pemasangan bola dunia di bagian atas dan pemasangan tegel untuk kolam di bagian bawahnya saja yang belum selesai, selebihnya sudah terpasang semuanya,” ujarnya.
Harapannya, agar pembangunan tugu nol kilometer tersebut, dari pihak PU Kota Palu, meminta agar sudah bisa rampung dan selesai sebelum memasuki hari raya Idul Fitri tahun ini.
“Kalau bisa sebelum lebaran tahun ini, sudah kita nikmati bersama tugu nol kilometer tadi, tapi kalau belum juga, nanti kita akan tanyakan sama pihak rekanan kerjanya, apa masalahnya, dan kenapa belum selesai dikerjakan,” tegasnya.
Sementara dari hasil pantauan wartawan Radar Sulteng di lokasi pembangunan Tugu Nol Kilometer, sejak awal bulan puasa hingga memasuki akhir bulan Ramadhan kali ini, tidak ada aktivitas pengerjaan yang dilakukan rekanan kerja dari PU Kota Palu. (zal)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.