KONI Berharap Ketua Terpilih Temukan Potensi Atlet Petanque

Iskandar Ahmad Kembali Pimpin FOPI Sulteng

- Periklanan -

PALU – Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menaruh harapan agar cabang olahraga Petanque atau biasa juga disebut Petang agar bisa menorehkan prestasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, tahun depan. Pernyataan itu disampaikan Ketua bidang organisasi Koni Sulteng, Dr Hasan MHum yang mewakili Ketua Koni Sulteng saat membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sulteng.

“Cabang olahraga Petang Sulawesi Tengah ini merupakan cabor yang cukup diperhitungkan di kancah nasional. Dan bahkan sempat mendapatkan medali perunggu pada pra PON yang lalu,” kata Hasan di hadapan peserta Musprov yang diikuti secara virtual kabupaten dan kota di Sulteng itu, Selasa (15/12).

Dalam Musprov ini, Ketua FOPI Sulteng 2016-2020, Dr Iskandar Ahmad MHum kembali diberi kepercayaan memimpin FOPI Sulteng periode 2020-2024. Iskandar Ahmad menjadi satu-satunya kandidat yang diusung para peserta Musprov untuk memimpin FOPI empat tahun mendatang. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP Untad itu dinilai sukses dalam periode kepemimpinannya sebagai ketua pertama FOPI dengan mengantarkan FOPI Sulteng meraih perunggu pada ajang bergengsi pra PON.

- Periklanan -

Dalam laporannya, Iskandar Ahmad mengungkapkan, kepengurusan FOPI periode 2016-2020 sudah menjalankan tugas dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan terbentuknya pengurus cabang di 9 kabupaten dan kota seSulteng dan prestasi di pra PON yang berhasil diraih atlet Sulteng. Sebagai olahraga baru yang berkembang di Sulteng lanjutnya, Petanque menarik minat generasi muda untuk menjajal olahraga ini. Dia juga mengatakan, dalam kepengurusan FOPI Sulteng, diisi oleh para generasi muda yang bertalenta.

“Empat tahun FOPI berada di Sulawesi Tengah, yang kami syukuri yaitu, bahwa FOPI sudah beberapa kali mengikuti event di tingkat nasional. Antara lain Kejurnas di Bekasi, kemudian di Surabaya, lalu juga pra PON di Jakarta. Dan alhamdulillah, kami juga lolos mendapati perunggu. Ini menunjukkan bahwa FOPI juga turut berpartisipasi mengharumkan nama Sulawesi Tengah,” terangnya.

Iskandar juga mengungkapkan, kekompakan pengurus FOPI Sulteng juga berhasill menarik dan menemukan bakat generasi muda di Sulteng dalam cabang olahraga Petanque ini. Selama ini kata dia, FOPI Sulteng, kerap melakukan latihan di lapangan Vatulemo dan di area olahraga hutan kota serta beberapa lapangan lainnya yang menjadi tempat latihan Petanque.

“Saya berterima kasih didampingi Sekretaris, Dr Humaidi MPd dan pengurus-pengurus lainnya. Dan mereka ini adalah piawai dan tokoh olahraga dan memang profesional dalam bidangnya. Tentu perjalanan ke depannya akan lebih lagi. Insyaallah periode ke depan akan kita bentuk semua cabang di Sulawesi Tengah,” tutupnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.