alexametrics Komitmen Imelda Liliana Muhidin – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Komitmen Imelda Liliana Muhidin

Oleh : Salihudin

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

“SELAMA terjadinya Pandemi Covid-19, usaha kuliner saya terjun bebas. Rugi.Pelaku usaha sejenis merumahkan semua karyawannya. Tapi saya tidak. Karena kalau saya rumahkan, darimana mereka memperoleh penghasilan untuk membiayai kebutuhannya?”  tutur Imelda Liliana Muhidin.

Hari Kamis 24 September 2020 KPU  Kota Palu melakukan pencabutan nomor urut  pasangan calon Walikota dan wakil walikota untuk Pilkada serentak 2020.

Hasil nomor urut masing-masing pasangan calon telah beredar di media sosial. Pasangan Imelda Liliana Muhidin-Arena JR  Parampasi mendapat nomor 4. Apa arti nomor 4 bagi pasangan calon? Menurut Imelda, nomor 4 sesuai dengan  Kota Palu yg mempunyai 4 dimensi yakni, laut, sungai, gunung dan lembah. Tentu ini hanya “bunga-bunga” pencabutan  nomor urut. Yang jelas kita bisa tafsirkan secara terbuka.

Tampilnya Imelda Liliana Muhidin sebagai calon Walikota Palu  merupakan sebuah terobosan bagi peran politik perempuan di Kota Palu tahun 2020 di ranah eksekutif. Sebab dia adalah satu2nya perempuan sebagai calon walikota. Keberanian politik muncul sebenarnya tidak terlalu mengejutkan bagi seorang Imelda. Karena Imelda hidup dari lingkungan politik

Bakat politik Imelda Liliana Muhidin tampaknya berasal dari ayahnya Muhidin M. Said dan Pamannya M. Yasin. Kita ketahui Muhidin M. Said adalah politisi senior   Partai Golkar yang sekarang menjadi Pimpinan Banggar DPR RI. Muhidin M. Said sudah terpilih yang ke empat kalinya sebagai anggota DPR RI. Sedangkan Pamannya Kolonel Mohammad Jasin adalah  pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tengah yang ke dua tahun 1968-1973. Mohammad Yasin adalah seorang tentara.

Pada awalnya Keluarga Muhidin M. Said adalah keluarga pengusaha. Memang Muhidin M. Said saat masa mudanya disamping sebagai  aktivis  juga sudah menjadi Pengusaha.  Saat kehidupan ekonomi sudah dirasakan cukup maka jiwa aktivisme Muhidin M. Said  dimasa mudanya muncul kembali ketika menerima tawaran untuk menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar setelah sebelumnya menjadi anggota MPR RI.

Jadi Imelda Liliana Muhidin mewarisi dua bakat. Pertama adalah pengusaha dan kedua adalah politisi. Peran ayahnya yang mendidik  secara keras  penuh disiplin menjadikan Imelda tampil tanpa canggung di dunia usaha dan juga politik. Barangkali inilah sebabnya Imelda Liliana Muhidin tangguh sebagai pengusaha dan juga politisi.

Istimewanya lagi peran politik perempuan di Kota Palu sangat dibutuhkan. Pertama, komposisi demografis penduduk Kota Palu bisa dikatakan seimbang antara laki-laki dan  perempuan. Menurut Data statistik Kota Palu tahun 2014, Jumlah penduduk Laki-laki sebanyak 182.172 dan Perempuan sebanyak 180.030. Dengan komposisi yang relatif seimbang  biasanya peran politik masih didominasi pria.

Kedua, keprihatinan terhadap kondisi kaum perempuan dalam memperjuangkan dan memenuhi hak-hak perempuan, tidaklah luput dari anggapan bahwa kondisi perempuan di Indonesia sangatlah tidak seimbang dalam hal pemenuhan aspirasi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia.

Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah laki-laki yang duduk dikursi parlemen dan eksekutif. Pengarusutamaan pembahasan masalah-masalah publik yang terkait dengan perempuan, warga terpinggirkan, anak, lansia, cacat, dsb sebenarnya amat krusial. Karena golongan-golongan tersebut memang suaranya kurang vokal sehingga kurang perhatian.

Imelda Liliana Muhidin sebagai calon walikota diharapkan tampil sebagai pembela bagi masyarakat golongan tersebut. Karena naluri keperempuannya tentu lebih peka dan menghayati masalah-masalahnya.

Tapi bukan hanya karena perempuan. Bagaimanapun seorang Imelda adalah pemimpin kota. Kota dimana semua warga ada didalamnya sama derajat. Semua perlu sejahtera dan semua perlu keadilan.

Sesuai dgn tagline ” Ayo Benahi Palu” maka Imelda mau membenahi semuanya. Membenahi masalah-masalah Kota Palu. Ada banyak yang perlu dibenahi. Sekedar menyebutkan contoh misalnya, mendorong tumbuhnya  usaha produktif dari bawah. Ini bermuara ke UMKM. Tidak susah kenapa Imelda mau membenahi UMKM. Sebagai orang yang dibesarkan di dunia usaha, sektor UMKM pasti menjadi salah satu vocal point. Karena beliau sendiri adalah pembina dan pelaku UMKM. Ini salah satu pemecahan masalah tenaga kerja.

Walaupun UMKM menjadi salah satu program kerja unggulan, pengusaha besar juga pasti mendapat perhatian. Sebagai mantan pengusaha, dia punya banyak pengalaman saat menjadi pengusaha. Banyak hambatan -hambatan birokrasinya. Karena itu dia ingin pelaku dunia usaha tidak sulit menjalankan usahanya. Birokrasi harus mendukung dan mempermudah dunia usaha.

Dari semua program kerjanya, sebenarnya dia hanya ingin Kota Palu menjadi lebih baik. Supaya warga nyaman, bahagia dan sejahtera. Ini memang klise karena semua pasangan menyuarakan hal yang sama.

Makanya Imelda perlu otensitas, keaslian. Bukan hanya retorika dan jargon. Dari mana bisa dilihat ontesitas itu. Salah satunya kesungguhan untuk berkorban secara materi dan meninggalkan zona nyaman.

Seperti diketahui jadi calon walikota perlu dana besar. Bila dihitung pendapatan setelah jadi walikota, pengorbanan secara materi tidak sebanding. Mungkin hanya 1/40. Kalau dia mau enak saja, pasti dia tidak meninggalkan profesinya sebagai pengusaha yang sudah mencukupi kehidupannya.

Berani meninggalkan zona nyaman, kemudian pindah jadi walikota memang sebuah pengorbanan dan komitmen. Karena dia ingin melaksanakan pesan dan amanat  orang tuanya Muhidin Said. Keluarga sudah hidup cukup di Kota Palu bahkan di Sulawesi Tengah.

Inilah saatnya keluarga mengabdi untuk memperbaiki kota ini. Kebetulan saat ini beliau sudah punya networking yang kuat di pusat. Bila Imelda jadi walikota, jaringan inilah yang akan dioptimalkan untuk kemajuan Kota Palu.

*) Penulis adalah Alumni SMA 2 Palu.

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.